Pemprov Kalteng Gelar Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Tahun 2023

MENYAMPAIKAN – Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin menyampaikan sambutan di Aula Kantor Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (29/03/2023). (Foto : Media Dayak/MMCKalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin membuka Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Provinsi Kalteng Tahun 2023, bertempat di Aula Kantor Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (29/03/2023). 

Sekda mengatakan Forum Perangkat Daerah Provinsi adalah rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Hasil Forum Perangkat Daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi Tahun 2024 dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Provinsi menjadi rancangan RKPD Provinsi sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Provinsi yang direncanakan pada tanggal 13 April 2023,”kata Sekda.

Sekda menjelaskan, penyusunan RKPD tahun 2024 mengacu pada dokumen RPJMD Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026 dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024 yang mengusung tema pembangunan “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

“Untuk mendukung tema pembangunan tersebut sasaran makro pembangunan Provinsi Kalteng 2024, yakni pengembangan kawasan sentra produksi pangan, pengembangan sektor unggulan dan hilirisasi komoditas berbasis sumber daya alam, peningkatan pemenuhan pelayanan dasar, infrastruktur dasar dan konektivitas, dan peningkatan kualitas SDM dalam pemenuhan kebutuhan produksi maupun pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan daerah,”sebutnya.

Selain itu, sambung Sekda, peningkatan upaya mitigasi bencana, pemulihan ekonomi pasca Pandemi COVID-19 dan antisipasi perkiraan resesi ekonomi global, penurunan angka stunting dan penanggulangan kemiskinan dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai bagian dari upaya perbaikan tata kelola Pemerintahan.

“Untuk itu diperlukan upaya, kerja keras serta dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng melalui sinergisitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota, baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya,”jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kaspinor, menyampaikan, tujuan Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini adalah untuk sinkronisasi perencanaan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota serta perencanaan pembangunan antara kabupaten/kota se-Kalteng tahun 2024 menyelaraskan usulan, program, kegiatan prioritas provinsi dan kabupaten/kota, dalam rangka pemenuhan target prioritas provinsi tahun 2024

“Serta menyelaraskan usulan, pokok-pokok DPRD yang berasal dari hasil reses di Dapil masing-masing, sinkronisasi usulan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari kabupaten/kota dengan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi, serta menetapkan prioritas Renja Perangkat Daerah Provinsi berdasarkan sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari kabupaten/kota dengan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi,”tutupnya. (MMC/Ytm/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait