Pemprov Kalteng Dukung Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Beras

Wagub Kalteng Edy Pratowo (Media Dayak Yanting)
 
Pulang Pisau, Media Dayak 
 
Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga negara. Untuk mengantisipasi penyediaan cadangan pangan nasional, Provinsi Kalteng memberikan dukungan pada peningkatan produksi beras dari yang biasanya beras medium menjadi beras premium.
 
Metode pertanian modern diterapkan mulai dari proses produksi On-Farm, panen, pasca-panen, pengolahan hingga produk siap dijual. Segala sarana dan prasarana, termasuk alat pertanian, infrastruktur, perbankan, dan sarana pendukung lainnya telah siap disediakan oleh pemerintah.
 
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menegaskan bahwa Pulang Pisau dan Kapuas merupakan kabupaten andalan di Kalteng dalam urusan pangan khususnya produksi padi. Oleh karena itu, Pemprov Kalteng membangun pabrik penggilingan beras modern, yaitu Rice To Rice (RTR) sebagai upaya dalam mendukung ketahanan pangan.
 
“Pembangunan RTR menjadi salah satu kebutuhan mendasar untuk peningkatan hasil produksi beras bagi ketahanan pangan di Kalteng. Selain itu, kalangan petani juga membutuhkan akses transportasi dan ketersediaan bibit berkualitas,” ujar Wagub, Senin (1/4/2024).
 
Wagub menambahkan Program Optimasi Lahan Rawa (OPLA) yang dilakukan di Kalimantan Tengah seluas 81 ribu ha, dengan 21 ribu ha berada di Kabupaten Pulang Pisau mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 
 
“Hal ini menunjukkan kepercayaan dari pemerintah pusat dalam pengembangan OPLA yang berperan sebagai lumbung pangan,” tutup Wagub Kalteng Edy Pratowo (Ytm/Lsn)
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait