Pemprov Kalteng Apreasiasi Kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme Dan Terorisme Melalui Lomba Video Pendek 

MENYAMPAIKAN – SAG, Yuas Elko, saat menyampaikan sambutan di kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Student Center IAHN-TP, Kamis (01/09/2022). (Hms Prov/Media Dayak)

 

Bacaan Lainnya

Palangka Raya, Media Dayak

Staf Ahli Gubernur (SAG), Yuas Elko, membuka kegiatan Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme Dengan Pitutur Kebangsaan bertajuk “Ekpresi Indonesia Muda” di Student Center Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP), Kamis (01/09). 

Acara ini terselenggara atas kerjasama Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalteng dan diikuti oleh sejumlah pelajar SMA/SMK dan sederajat di Palangka Raya. 

Dalam sambutannya, Ketua FKPT Kalimantan Tengah (Kalteng), Khairil Anwar, menyebutkan, terorisme ini nyata dan harus diwaspadai karena merongrong ideologi Pancasila yang merupakan kesepakatan founding fathers untuk membangun bangsa. “Harapan kami anak-anak sekalian para pemuda dan pelajar menjadi pelopor penggerak untuk ikut serta membuat video-video pendek terkait kedamaian dan pencegahan terorisme,”kata Khairil Anwar. 

Sementara itu, Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT Kolonel Laut Setyo Pranowo menyampaikan bahwa pemuda/ pelajar dan media sosial merupakan dua hal strategis. 

Melalui kegiatan ini BNPT, mengajak pemuda dan pelajar membuat konten kreatif bertema Ekspresi Indonesia Muda di media sosial dan TikTok berdurasi maksimal 3 menit, merupakan karya orisinil dan diproduksi dalam bahasa Indonesia, karya diunggah Maret-November 2022 dengan hastag Ekspresi Indonesia Muda dan diseleksi juri dari unsur sineas. 

Pemenang konten kreatif akan diumumkan Desember 2022 dan BNPT menyiapkan hadiah Rp 70 juta bagi pemenang. “Kami harap pemuda/pelajar tergerak hatinya menjaga kedamaian negara dengan cara menolak bentuk narasi dan paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD’ 45,”tegas Kolonel Laut Setyo Pranowo. 

Pada kesempatan tersebut, Pemprov Kalteng melalui SAG Yuas Elko menyampaikan apreasiasi atas terselenggaranya acara ini. “Semoga acara ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan menghasilkan rumusan produktif sebagai masukan bagi pemerintah pusat dan pemangku kepentingan lainnya agar potensi konflik dalam masyarakat dapat diminimalisir,”harapnya. (Hms/Ytm/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait