Pemprov Gelar Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah Tahun 2023

SAG Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden bacakan sambutan, Selasa (7/11).(Media Dayak/MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Staf Ahli Gubernur (SAG) Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden wakili Sekda buka Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah Tahun 2023, yang digelar di Hotel Best Western, Selasa (7/11).
 
Sekda Kalteng melalui SAG Kalteng mengatakan, keterbatasan Pemda dalam melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan publik yang menjangkau seluruh masyarakat berpotensi menyebabkan ketimpangan pemerataan hasil pembangunan dan pelayanan publik.
 
“Tidak jarang masyarakat lebih dekat dan lebih mudah mengakses pelayanan publik dari daerah lain daripada di daerahnya sendiri, sehingga berbagai kebutuhan dasarnya lebih banyak terpenuhi dari daerah tetangganya,” ujarnya.
 
Menurut Herson, ada banyak daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, akan tetapi kekayaan sumber daya alam yang dimiliki daerah tersebut seringkali hanya sebatas menjadi potensi. “Pemda belum mampu menggali dan memanfaatkan potensi tersebut secara optimal untuk menyejahterakan masyarakatnya,” terangnya.
 
Penyelenggaraan kerja sama saerah lanjutnya, dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antardaerah, daerah dengan pihak ketiga, dan daerah dengan Pemda atau Lembaga di luar negeri serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi, dan kapasitas fiskal daerah.
 
“Kegiatan evaluasi kerja sama daerah ini dapat menjadi salah satu pendekatan inovatif untuk meningkatkan pembangunan daerah dan pelayanan publik yang berkualitas, serta meningkatkan nilai efektivitas dan efisiensi dalam pembangunan daerah,” jelasnya.
 
Herson berharap adanya komitmen bersama serta seluruh Perangkat Daerah Teknis yang telah menyelenggarakan kerja sama, baik dengan Pihak Ketiga, kerja sama dengan daerah lain, maupun kerja sama sinergi dengan Kementerian/Lembaga, agar dapat dilaksanakan secara optimal guna mewujudkan pelaksanaan kerja sama daerah yang lebih baik ke depannya.
 
Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kalteng Achmad Hairudin menyampaikan dalam laporannya, rapat evaluasi kerja sama daerah ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan kerja sama daerah guna mengefisiensi, efektivitas maupun manfaat suatu kebijakan rencana program/kegiatan yang sedang atau telah dilaksanakan tersusunnya (MMC/YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait