Pemprov Gelar Persiapan Kunker Presiden RI ke Kalteng

Staf Ahli Gubernur Kalteng Yuas Elko saat memimpin rapat persiapan Kunker Presiden RI, Selasa (25/6/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko memimpin rapat persiapan Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) ke Kalteng, bertempat di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (25/6/2024).
 
Rapat yang dilaksanakan secara virtual tersebut sebagai tidaklanjut rapat sebelumnya, dalam rangka untuk memastikan kesiapan lokasi kunker, konsumsi standar Paspampres dan keamanan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota yang akan dikunjungi oleh Presiden RI.
 
Yuas Elko saat memimpin rapat menyampaikan, bahwa tujuan rapat tersebut adalah untuk mempersiapkan kunjungan Presiden RI di Kalteng pada lima wilayah Kabupaten/Kota, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Timur dan ke Kabupaten Barito Selatan.
 
Dikatakannya, bahwa berdasarkan informasi dari hasil rapat yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya, yaitu tanggal 24 Juni 2024 pukul 19.00 WIB bersama jajaran Danrem dan Polda Kalteng di aula Berkah Makorem 102/Pjg.
 
“Kunjungan presiden tersebut direncanakan akan laksanakan selama 2 (dua) hari yakni tanggal 26 Juni 2024 dengan lokasi, Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan untuk tanggal 27 Juni 2024 ke Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan,” ungkapnya 
 
Disebutkannya pula bahwa lokasi peninjauan Presiden tersebut diperkirakan adalah pasar, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Bulog, proyek-proyek strategis, pompanisasi, food estate, dan infrastruktur Nasional/APBN lainnya, maka diharapkan Pemda baik Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, dapat mendukung kegiatan tersebut supaya berlangsung lancar, aman dan sukses.
 
“Selanjutnya yang harus dipersiapkan oleh Pemda Kabupaten/Kota masing-masing, adalah meningkatkan koordinasi dan sinergisitas dengan Forkopimda, mempersiapkan makan/minum di tempat kunjungan Presiden, tenaga medis, pengamanan swakarsa, dan lain-lain,” ujar Yuas.
 
Sementara itu, Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin yang mengikuti rapat secara virtual mengatakan, bahwa terkait dengan kunker presiden tersebut adalah menjadi tugas bersama. Selanjutnya ia juga meminta, masing-masing Pj Kabupaten/Kota untuk bertanggungjawab sepenuhnya pada kegiatan dimaksud.
 
Menurut Nuryakin, jika melihat sasaran lokasi kunjungan Presiden pada setiap daerah hampir sama, yaitu rumah sakit, pasar, dan lahan pertanian. “Tapi kami ingin masing-masing kabupaten/kota dapat menampilkan yang paling bagus diantara beberapa alternatif lokasi tersebut, sehingga ada yang diunggulkan pada setiap lokasi yang dikunjungi pak Presiden,” katanya.
 
Selanjutnya jadwal kunjungan di kabupaten/kota juga harus dipastikan, sehingga saat melakukan kompilasi dengan Paspampres sudah klop, “maka kami minta, Biro Adpim untuk mengkompilasi jadwal, waktu dan tempat dari masing-masing kabupaten/kota,” tandasnya.
 
Tampak hadir pada rapat tersebut, sejumlah Kepala OPD terkait beserta Forkopimda Provinsi Kalteng, serta dihadiri secara virtual oleh Pemerintah Kota Palangka Raya beserta Forkopimda, Pemkab Kotawaringin Timur beserta Forkopimda, Pemkab Katingan beserta Forkopimda, Pemkab Barito Timur beserta forkopimda, dan Pemkab Barito Selatan beserta Forkopimda. (MMC/YM/Aw)
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait