Pemprov Berencana Bangun Rumah Bersubsidi Bagi ASN

Leonard S Ampung

Bacaan Lainnya

Palangka Raya, Media Dayak

    Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) setempat, berencana akan membangun rumah bersubsidi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Rumah tersebut, nantinya akan diperuntukan bagi ASN yang belum memiliki rumah pribadi.

Kepala Disperkimtan Kalteng, Leonard S Ampung kepada awak media, usai Upacara Bulan K3, di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (18/2), menjelaskan, untuk mewujudkan pengadaan perumahan bagi ASN di lingkungan Pemprov Kalteng, pihaknya telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan pemangku kepentingan guna membicarakan hal tersebut.

Sebagai proses awal, Disperkimtan Kalteng telah mencari lahan untuk membangun perumahan itu di sekitar Palangka Raya. Tahapan berikutnya, pihaknya akan melakukan inventarisasi jumlah ASN yang ada di Pemprov untuk dilakukan pendataan.

“Dalam proses pembayarannya, nanti akan ada kerjasama dengan Bank Kalteng untuk penarikan angsuran rumah itu setiap bulannya. Ini kami lakukan, dengan harapan mampu membantu atau mensubsidi uang muka rumah yang disiapkan bagi ASN,” tandasnya.

Kembali Leonard mengatakan, pembangunan perumahan itu masih dalam tahap perencanaan. Sebab pihaknya, masih  menginput data dari berbagai instansi yang lain, sehingga Disperkimtan tidak berdiri sendiri, tetapi melakukan kerjasama dengan instansi yang lain.

“Perumahan itu nanti, rencananya tipe 36 untuk ASN golongan I, golangon II, golongan III, dan golongan IV. Sekali lagi perlu digaris bawahi, ini hanya untuk ASN yang belum memiliki rumah pribadi saja,” tegasnya.

Leonard menuturkan, beda rumah bersubsidi dengan rumah yang disiapkan bagi ASN, yakni mulai dari lahan dan uang mukanya Pemprov yang siapkan.

“Kita berharap setelah semua sudah selesai, nanti kita ajukan untuk penganggarannya. Mungkin kira-kira tahun depan rencananya, karena tahun ini kita selesaikan dulu tentang kawasannya, supaya tidak jadi masalah di kemudian hari,” tutup Leonard S Ampung.(YM/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *