Pemkab Mura Ikuti Rakor Inflasi Kemendagri

Jajaran Pemerintah Kabupaten Murung Raya saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi 2024 di Aula A Kantor Bupati Mura, Selasa (4/6/2024).(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Pemerintah Kabupaten Murung Raya mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor)  Pengendalian Inflasi 2024 secara virtual bersama Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Tomsi Tohir yang dilaksanakan di Aula A Kantor Bupati Mura, Selasa (4/6/2024).

Hadir mengikuti rakor tersebut Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Mura, Suria Siri dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda, Jayadie Y. Dadi didampingi Perencana Bagian Perekonomian dan SDA, Juniardi Juni.

Rapat koordinasi daring ini diinisiasi sebagai respons terhadap pentingnya kerjasama lintas sektor dan lintas daerah dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama dalam menjaga stabilitas harga dan mencegah terjadinya lonjakan inflasi yang dapat merugikan masyarakat.

Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir menyampaikan, dalam rapat koordinasi inflasi kali ini meminta agar seluruh kepala daerah bisa menyusun perencanaan menekan laju inflasi selama satu tahun.

“Saya berharap agar Kepala Daerah bisa mengecek kenaikan harga di daerahnya masing-masing dan melakukan upaya-upaya yang betul-betul bisa dirasakan hasilnya, bukan hanya formalitas atau seremonial saja. Karena hal-hal yang sifatnya seremonial hasilnya tidak akan maksimal,” imbaunya.

Tomsil juga mengatakan Pemerintah dengan bantuan Pemda terus memantau distribusi atau penyebaran komoditas impor agar tepat sasaran, meskipun inflasi bulan mei 2024 mengalami penurunan dari 3 persen menjadi 2,84 persen.

Menurutnya, penurunan ini tidak lepas dari kerja keras berbagai pemangku kepentingan terkait, baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Tentunya, ini merupakan suatu anugerah dan hasil jerih payah kita bersama. Namun demikian, masih terdapat beberapa jenis komoditas yang sebenarnya masih bisa kita atasi lebih baik lagi seperti cabai dan bawang,”tambahnya.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait