Pemkab Katingan Dijanjikan Mendapat Bantuan Mesin Pengolah Rotan

Pj Bupati Katingan, Saiful didampingi kabid Perindustrian Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Katingan, Segah saat menyambut kunjungan rombongan  Kementerian Perindustrian RI, di kawasan Perindustrian di Desa Hampangen Kabupaten Katingan, Jum’at pagi (7/6).(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dijanjikan mendapat bantuan empat jenis dari belasan unit mesin pengolah rotan untuk operasional pengolahan rotan setengah jadi di daerah desa Hampangen Kabupaten Katingan.

Hal ini diucapkan Pj Bupati Katingan Saiful saat dirinya menerima rombongan dari Kementerian Perindustrian RI, Jum’at pagi (7/6), di kawasan industri desa Hampangen Kabupaten Katingan, yang didampingi kepala bidang (kabid) Perindustrian Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (PTTK) Kabupaten Katingan, Segah. 

Dengan rencana bantuan tersebut, Pj Bupati Katingan, Saiful mengucapkan terimakasih kepada fihak Kementerian Perindustrian RI yang telah bersedia memberikan bantuan belasan unit mesin pengolahan dimaksud. “Tujuan dari bantuan mesin tersebut untuk meningkatkan kelancaran pengolahan barang setengah jadi, yang bahan pokoknya dari rotan,” ujarnya.

Sehubungan dengan bantuan mesin tersebut, dirinya berharap dapat memberikan mamfaat terhadap masyarakat Kabupaten Katingan, baik langsung maupun tidak langsung. Maksudnya, jika diberikan secara langsung mesin tersebut kepada masyarakat sebagai pelaku usaha, pengusaha ataupun kepada kelompok usaha rotan. Sedangkan secara tidak langsung mesin itu dimanfaatkan oleh pemerintah atau oleh mitra kerjanya Pemkab Katingan, sementara masyarakat Katingan yang ikut direkrut oleh mitra kerja itu sebagai karyawannya. 

Selain itu, dirinya juga berharap rotan bisa kembali menjadi primadona bagi masyarakat di Kabupaten Katingan untuk menjadi salah satu pilihan usahanya. Sedangkan terkait produk rotan yang diolah oleh mitra kerja dari salah satu perusahaan swasta selaku mitra kerja yang menjalankan mesin tersebut menjadi barang setengah jadi dapat berkembang secara berkelanjutan.

Lebih jauh, orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini berharap rencana bantuan belasan unit pengolah rotan dari Kementerian Perindustrian tersebut, kelak bisa terealisasi pada tahun 2024 ini juga. “Sehingga’ bisa difungsikan secepatnya di kawasan industri Hampangen ini,” harapnya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait