Pemkab Gumas Gelar Kick Off Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Pj.Ketua TP PKK Gumas Ny.Shella Herson B.Aden bersama Sekda Richard, unsur forkopimda, Kadis DP2KBP3A Rina Sari,Kepala Bapperida Yantrio Aulia dan beberapa kepala OPD/pejabat eselon III melakukan peninjauan pelayanan Posyandu Serentak. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) menggelar kegiatan Kick Off Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Taman Kota Kuala Kurun,Rabu (5/6/2024).

Membacakan sambutan Pj.Bupati Gumas Herson B.Aden, Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Richard mengatakan, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak

akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar untuk anak seusianya. Untuk itu penanganannya tidak hanya dibebankan pada sektor kesehatan, melainkan keterlibatan seluruh pihak.

“Melalui kegiatan hari ini, sebagai upaya intervensi serentak melalui Posyandu Serentak yang dimulai pada hari ini. Merupakan langkah awal kita menuju pencegahan stunting secara bersama-sama, serta sebagai bukti komitmen kita dalam mencegah stunting di Kabupaten Gunung Mas,” kata Richard.

Sejalan dengan hal di atas, Richard menyebut secara khusus Pemkab Gumas telah mengambil langkah strategis dengan menerbitkan Instruksi Pj.Bupati Gumas tentang Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Gumas. Dalam instruksi ini mengamanatkan tentang pentingnya penerepan 10 (sepuluh) PASTI.

Selain peran sekda, juga peran berbagai lintas sektor dalam intervensi serentak pencegahan stunting. Seperti dinas kesehatan, dinas pendidikan, kepemudaan dan olahraga,dinas pekerjaan umum, seluruh camat/ puskesmas/kader PKK,Posyandu dan KPM di  desa dan kelurahan.

“Saya mengharapkan kita semua untuk selalu memantau tumbuh kembang anak di Posyandu. Dan kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting dari tingkat kabupaten sampai desa dan kelurahan agar selalu aktif memberikan pelayanan kepada ibu hamil,ibu menyusui, balita, remaja puteri, calon pengantin, dan pasangan usia subur,” kata Richard.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bepperida) Yantrio Aulia membacakan laporan sekda menyampaikan, kegiatan yang dilakukan merupakan tanda dimulainya intervensi serentak pencegahan stunting di Gumas. Dimulai dengan pelaksanaan Posyandu Serentak yang diadakan di Taman Kota Kuala Kurun dalam hal pelayanan kepada anak-anak di bawah usia lima tahun atau balita.

“Harapan kita melalui kegiatan intervensi serentak ini, kita mendapatkan ouput berupa angka kehadiran timbang ukur anak-anak kita setiap bulannya, dan dapat mencapai target seperti yang disampaikan sebelumnya yaitu 90 persen, sehingga dalam satu tahun berjalan kita dapat mengetahui gambaran angka prevalensi stunting di Kabupaten Gunung Mas,”tutur Incha,sapaan akrabnya.

Dilanjutkan peninjauan pelayanan Posyandu Serentak oleh Pj.Ketua TP PKK Gumas Ny.Shella Herson B.Aden bersama Sekda Richard, unsur forkopimda,Kadis DP2KBP3A Rina Sari,Kepala Bapperida Yantrio Aulia dan beberapa kepala OPD/pejabat eselon III, dan tamu undangan lainnya. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait