Pemkab Bengkayang Berguru ke Pemkab Gumas

Bupati Jaya S Monong menyerahkan cinderamata kepada Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis. (Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan kunjungan ke Pemkab Gunung Mas (Gumas).

Kunjungan guna menimba ilmu dari Pemkab Gumas terkait kebijakan pelibatan Perusahaan Besar Swasta (PBS) melalui dana CSR (Corporate Social Responsibiliy) terhadap pembangunan.

Rombongan Pemkab Bengkayang dipimpin Bupati Sebastianus Darwis. Pertemuan dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappedalitbang), Jumat (17/3).

Pada pertemuan itu Pemkab Gumas dipimpin Bupati Jaya S Monong, dihadiri sfat ahli bupati, asisten, kepala perangkat daerah dan beberapa pejabata eselon tiga.

Dikesempatan itu, Jaya memaparkan panjang lebar secara komprehensif strategi dan kebijakan Pemkab Gumas terhadap PBS dalam merealisasikan CSR guna mendukung perbaikan dan peningkatan jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, pembangunan rumah ibadah, penurunan stunting, dan dukungan lainnya terkait kepentingan masyarakat.

Pemkab Gumas juga sudah melakukan beberapa kali tindakan tegas secara tepat dan terukur terhadap PBS yang dianggap abai melaksanakan kewajibannya terhadap kepentingan masyarakat. Diskresi terhadap PBS yang ‘nakal’ dilakukan dengan tidak menabrak aturan yang berlaku.

“Beberapa kali kami [Pemkab Gumas] sampaikan ke mereka [PBS] bahwa kami mendukung investasi yang masuk, dengan catatan tidak sekedar mengejar keuntungan, tapi melaksanakan kewajibannya, mendukung pembangunan demi kemaslahatan masyarakat dan wilayah ini,” kata Jaya.

“Mereka yang hanya mengejar keuntungan dan mengabaikan tanggung jawabnya sosial dan lingkungan, kami persilahkan meninggalkan wilayah ini, karena kami menginginkan investasi yang sehat. Masyarakat dan wilayah ini harus mendapatkan kemanfaatan dari investasi yang ada,” terangnya.

Ia menegaskan, pihaknya tetap akan menagih PBS yang belum menunaikan CSR untuk segera malaksanakan tanggung jawabnya sosial dan lingkungan. Pihaknya ingin memaksimalkan CSR untuk kepentingan masyarakat.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menyampaikan terima kasih kepada bupati dan jajarannya yang telah menerima kunjungan kaji terap Pemkab Bengkayang terkait pengoptimalan CSR untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengapresiasi paparan dari pak bupati serta keberanian yang diambil terhadap perusahaan yang dianggap abai menunaikan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Kebijakan smart yang diambil pak bupati nantinya akan kami terapkan di Bengkayang,” kata Darwis.

Diakuinya selama ini pihaknya sudah melakukan langkah-langkah dalam memaksimalkan kepatuhan PBS terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. Namun itu dirasa  masih belum cukup sehingga pihaknya memilih Kabupaten Gumas sebagai tempat kaji terap pengoptimalan CSR untuk pembangunan.

“Memang harus ada keberanian yang smart terhadap perusahaan yang abai terhadap kewajibannya, seperti yang dilakukan Bupati Gunung Mas,” ucapnya. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait