Pembangunan Infrastruktur Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Berkelanjutan

Oleh : Eva Kalyna Audrey )*

Pemerintah terus menggencarkan pembangunan infrastruktur, yang mana dengan adanya hal tersebut semakin mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memang telah mengalami perkembangan secara signifikan dalam berbagai sektor, utamanya mengenai pembangunan infrastruktur semenjak era kepemimpinan Presiden RI ketujuh, Joko Widodo (Jokowi). Keterlibatan Pemerintah memang sangat kuat untuk bisa memajukan sektor pembangunan berupa infrastruktur itu, yang mana menjadi kunci utama untuk mendorong adanya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini saja, serangkaian proyek infrastruktur besar telah diluncurkan oleh pemerintah, dengan adanya peluncuran berbagai macam proyek pembangunan infrastruktur tersebut mampu menciptakan dampak yang sangat positif pada berbagai macam aspek kehidupan bermasyarakat dan juga pada perekonomian nasional.

Salah satu fokus utama yang terus dijalankan oleh pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Jokowi adalah dengan terus meningkatkan aksesibilitas dan juga konektivitas di seluruh pelosok Nusantara, yang mana upaya tersebut kini mampu dilihat dari bagaimana pesatnya pembangunan jalan tol yang terlaksana.

Sebagai salah satu contoh, bagaimana kinerja pemerintah untuk membangun infrastruktur yang terus menjadi perhatian masyarakat yakni pada pembangunan Jalan Tol Trans. Proyek pembangunan infrastruktur tersebut menjadi salah satu dari sekian banyak proyek strategis selain adanya pembangunan jalur kereta api yang telah mampu membuka akses kepada berbagai daerah terpencil di pelosok Indonesia.

Tentunya kehadiran berbagai macam proyek pembangunan infrastruktur yang terus digencarkan oleh pemerintah tidak hanya semakin memperlancar mobilitas para penduduk saja, namun juga mampu mengurangi beban biaya logistik, termasuk juga mampu membuka peluang bagi adanya investasi baru dan semakin memperkuat konektivitas antar wilayah di Indonesia.

Data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukkan bahwa penyelesaian berbagai proyek infrastruktur itu juga telah memberikan dampak secara sangat positif pada terjadinya pertumbuhan ekonomi regional. Pasalnya, hal tersebut terjadi karena adanya akses yang jauh lebih baik pada beberapa pusat ekonomi hingga mampu semakin meningkatkan daya saing daerah, termasuk mengundang investasi dari sektor swasta dan semakin menciptakan lapangan kerja baru.

Bagaimana pembangunan infrastruktur yang selama ini terus digencarkan oleh Pemerintah RI itu bahkan bukan hanya mampu berdampak pada sektor transportasi saja, namun juga pada berbaga macam sektor lainnya seperti energi, telekomunikasi dan air.

Karena dengan adanya inisiatif berbagai proyek strategis seperti pembangunan bendungan dan pembangkit listrik berskala besar jelas bisa meningkatkan ketersediaan energi serta mendukung keberlanjutan industri dan semakin meningkatkan daya saing Indonesia pada level dunia.

Akibat adanya pembangunan infrastruktur itu, terjadi pula peningkatan pada investasi dari sektor swasta secara signifikan. Hal itu merupakan respon nyata terhadap bagaimana lingkungan bisnis pun menjadi jauh lebih kondusif. Karena adanya fasilitas infrastruktur yang berkualitas tinggi itu maka membuat bisnis menjadi lebih bisa diandalkan dan juga sekaligus memberikan dampak insentif untuk para perusahaan dalam beroperasi di Tanah Air.

Sehingga tentunya, seluruhnya mampu semakin menciptakan lingkungan investasi yang sangat menarik, serta semakin mampu memikat atau mendatangkan para pemodal dari asing hingga terjadinya peningkatan pada kapasitas produksi nasional.

Ternyata, pembangunan infrastruktur yang selama ini digencarkan oleh Presiden Joko Widodo itu bukan hanya memiliki dampak secara signifikan positif pada sektor ekonomi nasional saja, melainkan juga mampu sekaligus memberikan dampak positif pada aspek sosial dan pembangunan manusia.

Beberapa diantaranya adalah pembangunan pada sektor pendidikan berupa sekolah, kemudian pada sektor kesehatan dengan adanya rumah sakit hingga banyak fasilitas publik lainnya turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat tentunya. Kini masyarakat bisa menikmati akses dengan jauh lebih baik terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan, lantaran kedua sektor itu telah menciptakan fondasi yang jauh lebih kokoh untuk pembangunan manusia.

Senada, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Maruddin juga menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur dapat semakin mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Termasuk pula pada berbagai macam pembangunan yang terjadi di fasilitas penunjang lainnya seperti sarana dan prasarana yang sangat diperhatikan oleh Pemerintah RI selama ini menunjukkan hasil yang jauh lebih baik dalam upaya melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan demikian, maka pembangunan infrastruktur di Indonesia pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu tentu bukan hanya sekedar membahas mengenai masalah pembangunan fisik semata, melainkan juga mampu menjadi sebuah investasi yang sangat strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemantapan akan sektor pembangunan infrastruktur itu mampu menjadi sebuah pijakan yang sangat kuat bagi bangsa ini untuk ke depannya bisa melangkah ke arah masa depan dengan jauh lebih makmur dan berkelanjutan.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Lintas Nusamedia

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait