Pembangunan AMN Stimulus bagi Percepatan Peningkatan SDM Muda

Oleh: Elsye Tendean )*

Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan sebuah stimulus bagi percepatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) muda Indonesia, karena di dalamnya mereka akan mendapatkan banyak sekali bekal penting untuk bersiap terjun secara langsung ke masyarakat dalam bingkai NKRI.
Adanya percepatan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dari generasi muda penerus bangsa tentu menjadi hal yang sangat penting, lantaran hal tersebut jelas akan sangat membantu kemajuan bangsa ini dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.
Oleh karena itu, AMN sejatinya juga merupakan stimulus yang penting dalam persiapan bangsa untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 karena gedung tersebut mendidik dan mempersiapkan seluruh generasi muda agar mengalami peningkatan kualitas.
Staf Khusus (Stafsus) Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Romo Benny Susetyo mengungkapkan bahwa peranan AMN Manado dalam peningkatan sumber daya manusia, yakni pertama memberikan para penerus generasi bangsa akan ilmu yang sangat memadai sebagai bekal mereka.
Ilmu yang memadai dan bekal tersebut, para pemuda dapatkan melalui bagaimana nilai-nilai yang tertanamkan dalam Asrama Mahasiswa Nusantara yakni ketekunan, kedisiplinan dan juga metode belajar yang tepat.
Tidak cukup sampai di sana, namun dalam asrama binaan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) tersebut, para generasi muda itu akan mendapatkan pengejaran akan etos kerja dengan pendekatan satu sama lain yang saling mengingatkan, bukan melalui kekerasan.
Selain logos (ilmu pengetahuan) dan etos mereka juga akan mendapatkan pengajaran mengenai patos atau rasa solidaritasnya serta kebersamaan untuk mampu melihat segala perbedaan bahkan dari Sabang sampai Merauke dalam konsep kebangsaan.
AMN juga mampu menjadi tempat sekaligus wadah sebagai pemersatu bangsa yang akan meningkatkan ikatan persaudaraan karena adanya penguatan akan nilai-nilai Pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan serta penekanan untuk cinta pada bangsa dan negara.
Terlebih, para mahasiswa akan menempuh waktu didikan tersebut cukup lama dalam asrama, dengan keterampilan yang juga terus terasah dalam AMN, maka mereka akan tercipta sebagai SDM muda yang berkualitas.
Asrama Mahasiswa Nusantara yang diinisiasi lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu bisa menjadi wadah kaderisasi untuk mempersiapkan para pemimpin ke depan menuju Indonesia Emas 2045.
Seluruh anak-anak muda terbaik dari segenap wilayah di Indonesia akan terus mengalami penempaan dan didikan berkualitas, sehingga mereka mampu menjadi penerus atau terwujud sebuah regenerasi seorang pemimpin dengan karakter yang cinta akan budaya dan Tanah Airnya.
Melalui AMN, seluruh mahasiswa tersebut mendapatkan pelajaran sanat berharga seperti beretorika, berorganisasi, membangun argumentasi dan juga melakukan opini di depan publik. Sehingga tidak hanya sebagai hunian atau tempat istirahat semata, namun juga banyak sekali kegiatan positif dalam rangka memperkaya wawasan anak muda di sana.
Untuk menjawab adanya beberapa tantangan yang kerap kali terdapat dalam sebuah lembaga pembelajaran, maka seluruh pendidik atau pembina dalam AMN Manado terus berupaya dalam memahami generasi muda saat ini, melakukan pendekatan yang tepat dan tetap terus relevan dengan mereka.
Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Essy Asiah menyampaikan bahwa tujuan pembangunan asrama tersebut adalah sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, budaya, agama yang semuanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga berbagai perguruan tinggi.
Bukan tanpa alasan, pemersatuan generasi muda penerus bangsa yang saling berbeda latar belakang itu demi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berintegritas, dan juga memiliki karakter kebangsaan.
Di sisi lain, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara, Steve HA Kepel memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah merealisasikan proyek pembangunan AMN Manado, utamanya adalah Badan Intelijen Negara selaku inisiator.
Maka dari itu, untuk menyukseskan keberadaan AMN, maka sudah barang tentu semua pihak wajib memberikan dukungan penuhnya, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan juga seluruh pemangku kepentingan lokal atau stakeholder.
Bagaimana pembangunan AMN Manado sendiri bukan hanya sekadar menjadi bangunan fisik semata, namun merupakan sebuah simbol akan komitmen yang sangat kuat dari pemerintah melalui BIN terhadap upaya untuk melakukan percepatan pembangunan kualitas SDM muda Indonesia.
Dengan adanya asrama tersebut, maka akan menciptakan suatu lingkungan yang sangat kondusif bagi seluruh mahasiswa dari berbagai macam daerah di Tanah Air untuk belajar, berkreasi dan juga berkolaborasi.
Progres positif dari adanya pembangunan AMN merupakan sebuah stimulus yang sangat nyata bagi upaya percepatan peningkatan kualitas SDM, khususnya dari kalangan pemuda di seluruh Tanah Air. Program AMN juga layak untuk mendapat apresiasi luas dari seluruh masyarakat sebagai wujud komitmen nyata mencetak generasi unggul yang berdaya saing global.

Bacaan Lainnya

)* Penulis adalah mahasiswa Manado

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait