Pembangunan AMN Manado Lahirkan Kekompakan Antar Anak Bangsa untuk Bersama Membangun Negeri

Oleh: Gerrie Alexander

Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado oleh Badan Intelijen Negara (BIN) mampu melahirkan kekompakan antar anak bangsa untuk bisa bersama-sama dalam membangun negeri ini.

Maju dan berkembangnya suatu bangsa, atau dengan kata lain pembangunan negeri tidak akan mampu terlaksana dengan optimal jika para penerus generasi muda dalam negara itu tidak ikut serta dan berperan aktif terus menjaga kekompakan bersama di tengah perbedaan mereka. Maka dari itu, mengetahui sangat pentingnya wadah untuk para pemuda, kemudian BIN menginisiasi pembangunan AMN Manado.

Dalam AMN Manado, para anak muda nantinya tidak hanya sekedar tinggal bersama saja dalam satu lingkup wilayah yang sama meski mereka berasal dari seluruh pelosok nusantara, namun di sana mereka juga akan mendapatkan banyak sekali bentuk pembinaan dan gemblengan sangat bermanfaat sehingga mereka tertempa menjadi generasi yang siap untuk membangun negeri.

Untuk sukses dalam menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang, maka Pemerintah Republik Indonesia (RI) juga terus berupaya untuk menjadikan agar bangsa ini menjadi negara yang semakin maju, berdaulatan dan berkelanjutan.

Seluruh hal untuk menyonsong Indonesia Emas tahun 2045 itu jelas akan dapat terwujud dengan maksimal apabila terjadi optimalisasi akan seluruh potensi dan peningkatan peranan aktif dari para generasi muda penerus bangsa, termasuk juga agar mereka bisa menjadi pemimpin masa depan yang berpngaruh bahkan bukan hanya pada taraf nasional, namun di tingkat global.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin kemudian meminta kepada para generasi muda itu agar mereka bisa terus menggali potensinya dalam meningkatkan kompetensi, salah satunya adalah mendaftar dan mengikuti seluruh kegiatan dalam AMN Manado.

Karena, dalam AMN Manado yang merupakan sebuah program inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu para pemuda akan terdidik untuk aktif dalam menciptakan banyak terobosan baru dan mereka juga mendapatkan kesempatan untuk ikut serta secara aktif dalam memajukan negeri.

Lahirnya berbagai macam inovasi serta krativitas dari para pemuda, akan terus menjaga nyala semangat untuk mereka dalam membangun negeri. Mereka juga bisa menjadikan kearifan lokal setempat sebagai sebuah modal sosial untuk semain memperkuat terjalinnya sinergi dan kolaborasi dengan dunia internasional, termasuk dalam lingkup ASEAN.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) AMN Manado Idham Malik menyebutkan bahwa tujuan utama dari pembangunan gedung asrama tersebut yakni sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai macam pelosok daerah di seluruh Indonesia termasuk juga mahasiswa orang asli Papua (OAP).

Sehingga dengan demikian, tatkala mereka semua bisa bersatu, akan dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing serta menjaga kerukunan hingga kekompakan guna terus memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Senada, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Essy Asiah juga menyampaikan bahwa tujuan pembangunan AMN Manado memang sebagai wadah untuk mempersatukan para generasi muda dari berbagai suku bangsa, bahasa, budaya, agama dari seluruh pelosok nusantara.

Kemudian Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Steve Kepel berharap agar ke depannya Gedung Asrama Mahasiswa Nusantara Manado itu bisa memberikan andil yang besar dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di wilayahnya.

Realisasi akan program tersebut tentunya bukan hanya menjadi pekerjaan secara fisik semata, namun juga sekaligus menjadi simbol komitmen kuat berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas SDM muda Manado dan Provinsi Sulut.

Melalui pembangunan AMN Manado, bisa tercipta sebuah lingkungan yang sangat kondusif untuk para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk belajar, berkreasi dan juga berkolaborasi bersama.

Keberadaan gedung tersebut merupakan upaya untuk mengimplementasikan seluruh nilai dalam Falsafah dasar negara yakni Pancasila, sehingga menjadikan berbagai pihak seperti Pemerintah RI, BIN, hingga Kementerian dan Lembaga terkait lainnya membangun Asrama Mahasiswa Nusantara.

Setelah sukses berdiri di Kota Pahlawan Surabaya dan kini di Manado, ke depannya pembangunan gedung tersebut akan terus dilanjutkan hingga di beberapa wilayah di Tanah Air seperti Makassar, Jakarta, Bantul hingga Malang.

Para mahasiswa di sana tidak hanya mendapatkan wadah untuk tinggal dan berkumpul saja, namun mereka juga mendapatkan beasiswa secara penuh LPDP dari Kementerian Keuangan selama berkuliah, termasuk biaya hidup mereka. Hal itu jelas menjadikan seluruh mahasiswa dari pelosok negeri termasuk di Papua merasa sangat terbantu karena mereka mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah RI.

Adanya AMN Manado jelas semakin mendorong untuk terlahirnya kekompakan antar anak bangsa supaya mereka bisa bersama-sama dalam membangun negeri ini meski di tengah perbedaan bangsa yang sangat luar biasa di Indonesia.

Mahasiswa ilmu sosial dan politik asal manado