Pemanfaatan Lahan untuk Jaga Ketahanan Pangan

Kepala Dinas PKP Eigh Manto. (Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (PKP) Eigh Manto menyatakan pemanfaatan lahan salah satu upaya untuk menjaga ketahanan pangan di Gumas.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas tidak bosan-bosannya mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk ditanami beragam sayur-sayuran serta pembudidayaan ikan dan ternak untuk menjaga ketahanan pangan. Pembudiyaan ternak seperti ternak sapi, kerbau, ayam, itik, kambing, babi, mentok dan lainnya,” kata Eigh Manto, Kamis (23/3).

Pentingnya menjaga ketahanan pangan, menurut Eg [panggilan karib Eigh Manto], karena pangan salah satu determinan dalam mendukung pertahanan keamanan. Pangan tidak sekedar komoditi ekonomi, tapi juga memiliki fungsi sosial dan politik.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas concern dengan upaya menjaga ketahanan pangan. Melalui program smart agro [pertanian] pemerintah [Pemkab Gumas] melakukan pengembangan tanaman jagung hibrida serta tanaman pangan lainnya, dan juga peternakan, perikanan, dan perkebunan,” tuturnya.

“Kita [Pemkab Gumas] mendorong dan mendukung gerakan masyarakat yang memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk pembudidayaan sayur-sayuran, ikan dan ternak,” tambah dia.

Upaya lainnya dalam menjaga ketahanan pangan di Gumas, direncanakan tahun 2024 Pemkab Gumas melalui Dinas PKP akan melaksanakan program ketahanan pangan keluarga. Melalui program ini ada hal yang terintegrasi yang bisa dikerjakan bersama-sama antar perangkat daerah di Gumas.

“Lahan dan pekarangan yang dimanfaatkan secara maksimal akan mampu mencukupi kebutuhan keluarga akan sayur-sayuran serta ternak untuk konsumsi bahkan dijual untuk menambah penghasilan keluarga,” ujar Eg.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu mengaku Pemkab Gumas tetap akan memberikan bantuan dalam pembudidayaan sayur-sayuran dan ternak. Hal itu dilakukan sebagai wujud perhatian terhadap ketahanan pangan. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait