PBS Wajib Memperhatikan Masyarakat Disekitar Operasional Perusahaan

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sengkon. (Media Dayak/Dok DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Selain meningkatkan pendapatan asli daerah, tidak bisa dipungkiri kehadiran perusahaan besar swasta (PBS) dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Sementara negatifnya adalah berkurangnya lahan produktif bagi masyarakat.
 
Oleh karenanya, anggota DPRD Kalteng
Sengkon mendorong agar seluruh PBS di wilayah Kalteng, baik yang bergerak di bidang perkebunan maupun pertambangan lebih memperhatikan masyarakat yang bermukim di seputaran wilayah operasionalnya. 
 
“Pasalnya masih banyak masalah yang terjadi antara pihak perusahaan dan masyarakat di daerah ini, kerap disebabkan oleh minimnya perhatian perusahaan kepada masyarakat,” ujarnya, Selasa (24/1/2023).
Lanjutnya, dampak dari minimnya perhatian dari pihak perusahaan kepada masyarakat. Apalagi di situasi yang sulit saat ini terutama bagi masyarakat pelosok, banyak yang ingin bekerja di perusahaan hanya demi 
menyambung hidup.
 
“Karena memang seharusnya PBS maupun bisa memberikan hati nurani kepada masyarakat dan desa diseputaran wilayah operasionalnya,” tegas Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam ini.
 
Walaupun tidak ada aturannya, tetapi PBS bisa mencontoh perkebunan yang memberikan Plasma sebesar 20 persen dari luasan lahan untuk masyarakat. “Apalagi keuntungan PBS yang berinvestasi di Kalteng tergolong besar dalam aspek pendapatan,” tutup Wakil rakyat dari Dapil I ini.(Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait