Pawai Karnaval, Kontingen Barito Utara angkat Tema “Erai Pakat Belum Sasama”

IKUTI KARNAVAL-Kontingen Barito Utara saat mengikuti karnaval pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (17/5).(Media Dayak/Dok Disbudparpora Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kontingen Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIS) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Pada pembukaan FBIM, kontingen Kabupaten Barito Utara mengikuti karnaval budaya di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (17/5/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Dibudparpora) Barito Utara Hj Annisa Cahyawati mengatakan  Kontingen Barito Utara mengikuti pembukaan Festival Budaya Isen Mulang 2022 dirangkaikan dengan pawai karnaval budaya yang dilaksanakan di Bundaran Besar Palangka Raya.

“Keikutsertaan Kabupaten Barito Utara pada Karnaval berjalan lancar sesuai rencana. Alhamdulillah tim karnaval Barito Utara pada acara pembukaan Festival Isen Mulang dapat tampil maksimal sesuai harapan dengan nomor undi 008,” kata Kadis Budparpora, Hj Aniisa Cahyawati, Selasa (17/5/2022) petang.

Dikatakan Hj Annisa, Kabupaten Barito Utara dibawah pimpinan Bupati  H Nadalsyah dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra siap menyukseskan Festival Budaya Isen Mulang tahun 2022. Dengan semangat Iya Mulik Bengkang Turan penuh berkah menuju Barito Utara berdaya guna dan Kalimantan Tengah Berkah.

Dalam penampilan kontingan Barito Utara pada karnaval, tim kesenian Barito Utara menampilkan dua buah ungkapan dari dua suku Dayak Penghuni terbesar di Tanah Iya Mulik Bengkang Turan, yaitu Suku Dayak Taboyan dan Suku Bakumpai.

Erai Pakat bermakna Satu Hati (One Heart) satu jiwa dalam bermufakat, sedangkan Belum Sasama ungkapan semangat hidup rukun dan damai dalam keberagaman.

Budaya pesisir dan pedalaman yang bersatu dalam keberagaman seperti falsafah Huma Betang di bumi Isen Mulang Provinsi Kalimantan Tengah. “Tema yang diusung sesuai juknis dari panitia yaitu yang mengandung keragaman budaya di Bumi Kalimantan Tengah,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.