Pasar Ramadan Kapakat Itah Berkah Resmi Dibuka

Disaksikan Ketua Harian DAD Kalteng Andrie Elia, Asisten Pemkesra Setda Provinsi Kalteng Katma F Dirun bersama Ketua MUI Prov Kalteng KH Khairil Anwar saat membuka secara resmi Pasar Ramadan Kapakat Itah Berkah 1444 H/ 2023 M, Kamis (23/3)(Media Dayak Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Katma F Dirun mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Ketua MUI Provinsi Kalteng KH Khairil Anwar yang juga merupakan Rektor IAIN Palangka Raya, membuka secara resmi Pasar Ramadan Kapakat Itah Berkah 1444 H/2023 M, bertempat di halaman Masjid Raya Darussalam, Kamis (23/03).
 
Melalui kegiatan yang di gagas oleh Dewan Adat Daerah (DAD) Provinsi Kalteng ini, Asisten Pamkesra Katma F Dirun mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, ia mengajak masyarakat agar selalu menjaga toleransi ditengah keberagaman masyarakat yang ada.
 
“Sehingga silaturahmi dapat terjaga dengan baik. Kalteng bumi tambun Bungai dan bumi Pancasila tanah Berkah dapat terus dipertahankan di wilayah ini,” tutur Katma.
 
Ia mengungkapkan, Pemprov Kalteng sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada para stakeholder yang bekerjasama dalam kegiatan pasar Ramadan ini. “Melalui kegiatan pasar Ramadan ini diharapkan dapat membawa Berkah kepada para pelaku UMKM khususnya yang menggelar lapak di area Masjid Darussalam,” terangnya.
 
Sementara itu, Ketua DAD Provinsi Kalteng, Agustiar Sabran melalui ketua Harian DAD Kalteng Andrie Elia dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan adanya Pasar Ramadan diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi semuanya.
 
“Tentunya dengan momentum bulan Ramadan 1444 H ini, dapat lebih mempererat toleransi di Kalteng. Serta menguatkan nilai-nilai Falsafah Huma Betang, dalam rangka membangun Kalteng menjadi semakin Berkah,” ujarnya.
 
Ia menyebut dengan saling mempererat toleransi dapat menjadi bukti bahwa semua elemen masyarakat di Provinsi Kalteng dapat bersatu. “Oleh karenanya hal tersebut dapat terus dipertahankan kapan perlu ditingkatkan,” katanya menyarankan.
 
Ditempat yang sama, Ketua MUI Provinsi Kalteng, Profesor H Khairil Anwar Ekonomi turut memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DAD Kalteng, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng serta UMKM atas kerjasamanya dengan Masjid Raya Darusallam menyelenggarakan Pasar Ramadan ini. 
 
“Pasar Ramadan ini sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Masjid salah satunya melalui Pasar Ramadan. Diharapkan UMKM di Kalteng dapat berkembang. Bersama kita Berkah, bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan. 
 
Lanjutnya ini adalah upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar masjid, juga sebelum Pandemi sempat direncanakan untuk mengelola komplek Masjid Raya Darussalam. Hanya saja pada Tahun 2023 ini baru terealisasi 
 
“Harapannya UMKM-UMKM yang ada ini dapat berkembang pasca Pandemi Covid-19. Ada sekitar 75 UMKM yang meramaikan Pasar Ramadan Kapakat Itah Berkah,” tutupnya (YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait