Partisipasi Masyarakat 80 Persen Harus Hadir Ke TPS

Ketua KPU Kabupaten Katingan Wahyuni dan Anggota, serta Pj Bupati Katingan, Ketua DPRD Katingan dan Forkompinda saat yg Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2024, di Stadion Sport Center Kereng Humbang Kota Kasongan. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Partisipasi masyarakat harus 80 persen yang hadir ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) ketika berlangsungnya Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak, khususnya Pilbub dan Pilwabup Katingan pada 27 November 2024 mendatang. 
 
Target tersebut disampaikan oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Wahyuni saat dirinya menyampaikan sambutannya pada gelar peluncuran Pilkada serentak Pilbup dan Pilwabup Katingan tahun 2024 dan peluncuran maskot serta jingle Pilkada Katingan, Minggu malam (2/6) kemaren, di lapangan Sport Center – Kasongan. 
 
Acara peluncuran pada malam itu, dirangkai pula dengan berbagai jenis hiburan rakyat. Diantaranya, pasar rakyat dan musik band Kangen Band dari ibukota -Jakarta, yang menampilkan sejumlah musisi dari ibukota, Andika sang pemuda tampan beserta rombongan.
 
Disamping itu ada pula musisi dari Kalteng Daniel Nohan yang merupakan putra daerah Katingan, dengan mempersembahkan musik dan lagu-lagu daerah Kalteng, penyanyi Pop Dayak Kalteng, Bulan Triana, B-Wimar Band dan sanggar tari Intan Manuah. 
 
Menurut Ketua KPU Kabupaten Katingan Wahyuni, KPU sudah melaksanakan beberapa tahapan Pilkada dimaksud. diantaranya, membentuk badan Ad Hoc yaitu PPK di 13 wilayah Kecamatan yang sudah dilantik pada 16 Mei 2024. “Begitu pula anggota PPS di 161 Desa, juga sudah dilantik,” kata Wahyuni. 
 
Selanjutnya, untuk menghadapi tahapan Pilkada tahun 2024 ini menurutnya, KPU Kabupaten Katingan menurutnya, juga sudah melakukan pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Forkompimda dan Masyarakat Kabupaten Katingan pada umumnya diharapkan dapat mendukungnya. “Sehingga’ pelaksanaan pemutakhiran data pemilih tahun 2024 ini dapat tercapai sesuai target,” harapnya.
 
Terkait hal tersebut, KPU dalam hal ini,  lanjutnya, mulai sekarang tengah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang Pilkada dimaksud. “Atas dukungan semua fihak, saya ucapkan terimakasih,” ucap mantan anggota Bawaslu Kabupaten Katingan ini, seraya berharap, dengan segala upaya yang dilakukannya, bukan saja Pilkada serentak ini berjalan damai, lancar dan sukses, melainkan juga terpilihnya seorang pemimpin yang amanah dan yang diidam-idamkan bagi masyarakat di bumi Penyang Hinje Simpei ini.
 
Berdasarkan pantauan media, dengan dirangkainya peluncuran Pilkada dan Maskot serta Jingle Pilkada di Kota Kosongan pada Minggu malam kemaren, yang penampilan bintang tamu Kangen Band dari ibukota Jakarta serta beberapa artis Kalteng, pengunjungnya tidak kurang dari 10 ribu. Bukan dari Kasongan saja, tapi dari 13 wilayah Kecamatan se Kabupaten Katingan. Bahkan ada pula pengunjung dari kota Palangka Raya dan dari Sampit ibukota Kotawaringin Timur (Kotim). (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait