Pahami Prosedurnya, Emiliana Rasakan Kemudahan Layanan JKN

Emiliana

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), berobat sudah banyak yang merasakan kemudahannya. Apalagi sudah memahami prosedur layanan baik di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan.

 

Hal inilah yang dirasakan salah satu warga Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Emiliana (39).

 

Dalam kondisi yang tidak termasuk kondisi gawat darurat, Emiliana memahami untuk pengobatan dilakukan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama terdaftar terlebih dahulu.

 

“Saya berobat pertama di Puskesmas Lanjas, kemudian setelah diperiksa dan menjalani pengobatan disana ternyata perlu diperiksakan lebih lanjut ke Poli Bedah RSUD Muara Teweh, ini sesuai dengan prosedurnya yang sudah saya ketahui sehingga tidak ada kendala sama sekali dari berobat di puskesmas hingga ke rumah sakit,” ucap Emiliana di RSUD Muara Teweh, Rabu di Muara Teweh.

 

Emiliana menyebutkan, pentingnya memahami prosedur layanan menjadi kunci untuk merasakan kemudahan layanan JKN.

 

“Kalau tidak memahami prosedur nanti akan ada kendala seperti status kepesertaan yang tidak aktif karena ada tunggakkan, berobat atas permintaan sendiri tanpa ada indikasi medis dan lain sebagainya,” tambahnya.

 

Seperti halnya saat proses administrasi, Emiliana juga merasakan kemudahan layanan JKN di loket RSUD Muara Teweh sudah dapat diproses dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP saja.

 

“Selain rujukan, saya hanya cukup menunjukkan NIK saja di loket pendaftaran,” imbuhnya.

 

Emiliana yang saat ini berobat karena merasakan sakit dibagian leher juga merasa senang karena sepenuhnya pengobatan ditanggung dari Program JKN.

 

“Karena ada benjolan dan sakit di leher, jadi rencananya akan di USG untuk mengetahui benjolan tersebut apakah berbahaya atau tidak, dari obat-obatan sebelumnya juga sudah diberikan gratis, ditanggung menggunakan layanan JKN, sehingga saya merasa program JKN ini sangat bermanfaat,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait