Optimalkan Potensi Pemuda Bangsa, Pembangunan AMN Manado oleh BIN Banjir Apresiasi

Oleh: Marissa Brigitta

Badan Intelijen Negara (BIN) kebanjiran apresiasi dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat terkait dengan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado yang mampu semakin mengoptimalkan potensi dari para pemuda bangsa.
Selama ini sebenarnya seluruh generasi muda penerus bangsa di berbagai wilayah di Tanah Air jelas memiliki potensi yang sama besarnya untuk semakin berkembang bahkan tidak menutup kemungkinan mampu menembus kancah dunia. Namun memang masih memerlukan adanya wadah yang tepat untuk semakin mengoptimalkan daya mereka tersebut, yang mana hal itu terjawab dengan pembangunan AMN Manado oleh BIN.
Oleh karena itu, tidak mengherankan mengapa banyak dari kalangan masyarakat berbagai elemen memberikan apresiasi sangat tinggi pada bagaimana kepedulian dan hasil kerja keras lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan tersebut dalam upaya untuk mendorong optimalisasi akan potensi seluruh pemuda bangsa.
Mengenai hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa sangat penting adanya sebuah wadah untuk mengembangkan semua potensi dalam diri anak muda di Tanah Air melalui bimbingan atau didikan yang tepat.
Pasalnya, memang seluruh anak muda di negeri ini sebenarnya memiliki banyak sekali potensi yang sangat luar biasa jika terkelola dengan maksimal. Apabila daya tersembunyi itu bisa mendapatkan pengelolaan dan pengembangan untuk pengekspresian secara baik, maka bukan tidak mungkin para pemuda akan menjadi sosok generasi penerus bangsa bermanfaat ke depan.
Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Femmy Eka Kartika Putri mengatakan bahwa masa depan bangsa Indonesia jelas bergantung pada bagaimana generasi mudanya.
Oleh karenanya, menjadi sangat penting peranan dari para pemuda tersebut, sehingga mereka harus mampu menjadi role model untuk perilaku hidup yang positif. Terlebih, generasi muda merupakan ujung tombak akan kemajuan dan pembangunan negeri.
Peranan generasi muda dalam kehidupan sosial dan bernegara adalah mereka mampu berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan juga sekaligus sebagai agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Maka dari itu, potensi mereka harus mampu mendapatkan pengelolaan yang optimal.
Sehingga, sudah sangat jelas bahwa peningkatan kualitas dari para pemuda menjadi hal yang penting untuk terjadi karena hal tersebut menjadi salah satu upaya dalam mencetak calon pemimpin masa depan bangsa yang tangguh dan mereka mampu berperan dalam pembangunan kemajuan negeri.
Para anak muda itu hendaknya mampu terus menginternalisasikan nilai-nilai dasar negara, yang mana hal tersebut akan mereka dapatkan dalam didikan melalui AMN Manado. Sehingga pemuda bangsa memiliki semangat untuk revolusi mental, menjunjung tinggi nilai kejujuran, etos kerja hingga gotong royong dan toleransi.
Generasi muda sebenarnya merupakan kumpulan kelompok orang terpilih yang harus mampu menjadi contoh baik, lantaran di tangan mereka cita-cita tinggi bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju pada tahun 2045 menyongsong Indonesia Emas kelak akan terwujud.
Dalam hal ini, Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah melakukan berbagai macam upaya untuk terus memberdayakan kelompok muda, salah satunya yakni dengan mengamanatkan BIN sebagai inisiator dalam pembangunan AMN Manado.
Pembangunan gedung asrama tersebut jelas akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bangsa, karena di dalamnya para pemuda berasal dari berbagai macam latar belakang dan daerah dari seluruh pelosok negeri bersatu. Generasi yang menjadi aset sangat berharga bagi bangsa itu mendapatkan banyak gemblengan sangat bermanfaat untuk semakin mengembangkan potensi mereka.
Tujuan utama pembangunan AMN Manado yakni untuk memberikan fasilitas terbaik yang nyaman, bukan hanya sebagai hunian secara fisik saja kepada para mahasiswa, melainkan juga mampu membantu mereka dalam berkembang.

Bacaan Lainnya

Warga masyarakat pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas realisasi proyek AMN oleh BIN tersebut. Ungkapan rasa terima kasih dan apresiasi mereka diwakilkan oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut) Steve H.A. Kepel, bahwa mereka semua menilai kalau keberadaan gedung itu juga akan menjadi laboratorium sosial, intelektual hingga kewirausahaan yang sangat bermanfaat.
Realisasi AMN Manado tidak hanya mampu mencetak para generasi penerus bangsa yang cerdas saja secara akademik, namun para pemuda itu juga akan menjadi calon pemimpin bangsa yang sangat mumpuni dengan banyaknya bekal mereka peroleh secara non-akademik pula.
Lebih lanjut, keberadaan gedung Asrama Mahasiswa Nusantara itu juga menjadi salah satu indikator dari tonggak keberhasilan dalam perjalanan dunia pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Mampu mengoptimalkan seluruh potensi milik pemuda bangsa, pembangunan AMN Manado oleh BIN kemudian mendapatkan banjir apresiasi dari warga masyarakat Sulawesi Utara.

*) Mahasiswa Sastra Universitas Klabat

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait