OPD Jangan Sampai Menunda-nunda Kegiatan

Rudi Hartono, anggota DPRD Kabupaten Katingan

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya
Untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun 2024 ini sudah berjalan hampir empat bulan, dan kini triwulan kedua sudah berjalan satu bulan. 

Sehubungan dengan itu, jangan sampai ada satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pun yang sampai menunda-nunda kegiatan. Demikian kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Sabtu (27/4). 

Karena jika ditunda-tunda menurut legislator Partai Golkar ini dikhawatirkan banyak kegiatan pembangunan yang sudah diprogramkan di Kabupaten Katingan ini yang akan mengalami keterlambatan penyelesaiannya. “Kalau terlambat selesainya, dampaknya masyarakat akan terlambat pula menikmatinya,” katanya, seraya menyebutkan salah satu contoh kegiatan , yakni kegiatan pembangunan infrastruktur jalan. 

Bahkan menurutnya bukan itu saja, tapi akan terdampak pula terhadap  keterlambatan penyerapan anggaran dan bisa tidak tercapainya target pekerjaan yang ingin dicapai di akhir triwulan atau pun di akhir tahun nanti. “Misalnya, target pencapaiannya di triwulan kedua sekitar 50 persen, tapi lantaran keterlambatan di tahapan atas, misalnya terlambat lelang ataupun terlambat melakukan pekerjaan dari rekanan pemenang tender, sehingga berdampak pula terhadap keterlambatan pekerjaan,” ujar mantan jurnalis ini. 

Terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang Ciptakarya di Dinas PUPR  Pemkab Katingan, seperti yang diberitakan di media ini beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa di bidang tersebut, dari 41 paket yang ada semuanya sudah dilakukan pelelangan. “Sehingga’ bisa lebih cepat pula selesainya pekerjaannya oleh rekanan pemenang tender nanti,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini, seraya memberikan apresiasi kepada bidang Ciptakarya Dinas PUPR setempat. (Kas/Aw)

 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait