Obin-Evandi Masuk Deretan Figur Potensial Maju di Pilkada Gumas

Evandi (atas) dan Binartha (bawah), figur muda yang dinilai potensial maju di Pilkada Gumas tahun 2024 ini dari representasi DAS Rungan Manuhing dan Kahayan. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Binartha dan Evandi disebut-sebut figur muda potensial yang layak untuk bisa dimajukan di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tahun 2024 ini, diantaranya Binartha dan Evandi. 

Keduanya digadang-gadang menjadi pasangan muda yang masukan deretan figur yang ideal sebagai calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) untuk bertarung di pilkada Gumas.

Binartha yang karib disapa Obin, merupakan wakil rakyat dapil II wilayah Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan, Rungan Barat dan Rungan Hulu, dengan hasil perolehan suara pada Pemilu 14 Februari 2024 yang lalu sebanyak 2.601 suara. 

Politisi Golkar kelahiran Tumbang Talaken 5 Juni 1988 itu saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua (Waket) I DPRD Gumas. 

Ia menjadi anggota DPRD Gumas periode 2019-2024-2029 dan juga digadang-gadang salah satu figur potensial sebagai Ketua DPRD Gumas 2024-2029.

Suami dari Helsiana ST itu juga salah satu pengusaha sukses di bidang perkebunan dan juga figur pencinta olahraga grastrack.

Sedangkan Evandi, pria kelahiran Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut) 6 Agustus 1990 itu merupakan anggota DPRD Gumas periode 2014-2019-2024-2029.

Alumnus Universitas Palangka Raya itu merupakan wakil rakyat dapil III wilayah Kecamatan Tewah,Kahut,Miri Manasa dan Damang Batu, dengan perolehan suara pada Pemilu 14 Februari 2024 yang lalu sebanyak 1.041 suara. 

Evandi saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Gumas serta Ketua Bappemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DPRD Gumas dan angota komisi II DPRD Gumas yang membidangi perekonomian dan pembangunan.

Dibidang olahraga, suami dari Philia Olga Maya itu saat ini menjabat sebagai ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) Gumas dan ketua PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) Gumas. Selain dekat dengan masyarakat, Obin dan Evandi selama ini juga dikenal dekat dengan kalangan pewarta.

Selain potensial untuk dapat dimajukan di pilkada Gumas, Obin-Evandi juga dinilai representasi [perwakilan] masyarakat daerah aliran sungai (DAS) Rungan Manuhing dan Kahayan. Selama ini masyarakat berharap ada keterwakilan putra/putri DAS Rungan Manuhing dan Kahayan sebagai cabup dan cawabup di pilkada Gumas.

“Siapapun nantinya yang maju di pilkada Gunung Mas tahun 2024 ini, baik sebagai cabup maupun cawabup, sejatinya harus ada keterwakilan dari putra/ putri terbaik Gunung Mas dari wilayah DAS Rungan Manuhing dan Kahayan. Kalau cabup dari DAS Rungan Manuhing, maka cawabupnya harus dari DAS Kahayan, atau sebaliknya,”ujar salah satu warga yang berbicara dengan syarat anonim, Selasa (21/5).

Menurutnya, keterwakilan putra/putri terbaik Gumas dari wilayah DAS Rungan Manuhing dan Kahayan merupakan komitmen para pencetus pemekaran Kabupaten Gumas yang menginginkan harus ada keterwakilan putra/putri Gumas dari DAS Rungan Manuhing dan Kahayan.

Selain Obin dan Evandi, figur yang saat ini dipastikan maju di pilkada Gumas yakni Jaya Samaya Monong, Lohing Simon, Efrensia L.P Umbing  dan beberapa nama potensial lainnya seperti H.Gumer, Akerman Sahidar, Berkat D.J Usup dan figur lainnya.(Nov/Aw)