Natal KWM  1 Desember Dilaksanakan Di Talaken

Rapat Perdana Panitia Natal KWM Tahun 2024, Selasa (02/07/2024),  menyepakati Pelaksanaan Natal KWM tahun 2024, pada Minggu 01 Desember 2024 di Talaken kecamatan Manuhing  kabupaten Gunung Mas.(Media Dayak/dok.Panitia Natal KWM)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil rapat Panitia Natal Kerukunan Warga Manuhing (KWM) tahun 2024 telah disepakati Pelaksanaan Ibadah dan Perayaaan Natal KWM tahun 2024 akan dilaksanakan pada hari Minggu  tanggal 1 Desember tahun 2024 di Talaken Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas.

Rapat perdana Panitia Natal KWM tahun 2024 yang dilaksanakan pada Selasa (2/07/2024) di salah satu rumah makan di Palangka Raya yang dipimpin langsung  Ketua Pelaksana Natal KWM tahun 2024 Binartha dan dihadiri pula Ketua KWM Dr.Sugiyanto,S.PAK,M.Th yang juga sebagai penanggungjawab, serta panitia lainnya, telah disepakati waktu dan tempat pelaksanaan Natal KWM tersebut.

 “Berdasarkan berbagai pertimbangan pelaksanaan Natal KWM tahun 2024 ini, dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2024 di Talaken kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Ketua KWM  Dr Sugiyanto,S.PAK,M.Th usai Rapat Panitia Natal KWM.

Menurut Dr Sugiyanto,S.PAK,M.Th, yang juga salah satu dosen pengajar di IAKN Palangka Raya ini, perayaan Natal KWM tahun 2024 ini, bernuansa etnik yang murah tetapi meriah. Hal tersebut  penting untuk mengedukasi warga KWM untuk mencintai budayanya sendiri.

Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan pelaksanaan Natal KWM tahun 2024 ini agar bisa terlaksana dengan sukses dan lancar, diharapkan kerjasama dan dukungan dari Panitia Natal KWM yang telah dibentuk, serta peran serta  dan partisipasi warga Manuhing,ujar  Dr Sugiyanto,S.PAK,M..

Ditambahkan Dr Sugiyanto,S.PAK,M acara besar ini memerlukan dana sekitar Rp.200 juta, dana Perayaan Natal yang diperoleh tersebut  digunakan untuk mendukung program diakonia bagi seluruh Warga KWM yang sakit, disamping program yang lain . “Saya optimis bahwa dana sebesar itu pasti bisa terpenuhi dengan kita sehati dan sepikir melayani Tuhan sebagaimana yang sudah terbangun selama ini,”,katanya. Seraya menambahkan Melalui kesempatan ini mengimbau warga KWM agar berkenan membagi berkat untuk pendanaan perayaan natal KWM di Tumbang Talaken 2024.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Natal KWM tahun 2024, Binartha menjelaskan untuk mempersiapkan pelaksanaan Natal KWM tahun 2024 yang dilaksanakan di Talaken kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas ini, Panitia telah menggelar rapat maupun terus melakukan koordinasi melalui grup WhatsApp yang telah dibentuk agar pelaksanaan Natal KWM tahun 2024 ini bisa sukses.

Dikatakan Binartha yang juga Wakil Ketua DPRD Gunung Mas ini, berdasarkan hasil rapat Panitia Natal KWM, anggaran yang diperlukan sekitar Rp 200 juta, dana tersebut nantinya bersumber dari iuran wajib per Kepala Keluarga (KK) warga Manuhing sebesar Rp 100.000,- serta iuran sukarela.

Selain itu, pula untuk menghimpun dana Panitia Natal KWM akan mencetak Kalender tahun 2025, sumbangan donatur, penjualan kaos KWM. serta mengajukan proposal ke kepada pihak ketiga.

“Untuk mempersiapkan perayaan Natal KWM tahun 2024 ini, kita akan melaksanakan rapat Panitia lanjutan yang akan dilakukan di Talaken, dan saya optimis pelaksanaan Perayaan Natal KWM tahun 2024 ini dapat terlaksana  sukses, dengan kerjasama dan partisipasi semua warga Manuhing ” kata Obin sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, Natal KWM tahun 2024 ini, selain merupakan ibadah dan perayaan Natal, juga diharapkan sebagai sarana mempererat silaturahmi warga Manuhing yang berasal dari desa-desa di sepanjang DAS Manuhing Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Dikatakannya lagi, Ibadah dan Perayaan Natal Kerukunan Warga Manuhing ini, selain diikuti warga Manuhing yang berdomisili di kota Palangka Raya, juga warga Manuhing yang berasal dari desa di sepanjang DAS Manuhing, serta juga diharapkan dihadiri warga Manuhing yang berada di kabupaten/kota di Kalteng. (Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait