Mudik Gratis Berkah: Program Lebaran Mahasiswa Kalteng 

Plt Kadisdik Kalteng Muhammad Reza Prabowo. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng mengumumkan program Mudik Gratis Berkah yang diperuntukkan bagi mahasiswa Kalteng. Tujuan program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mudik dengan aman dan berkesan saat momen Lebaran 2024 M/1445 H. 
 
Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk dukungan dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, untuk memudahkan perjalanan pulang kampung mahasiswa Kalteng 
 
“Program ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam mobilitas, tetapi juga meningkatkan ikatan emosional mahasiswa dengan daerah asal mereka. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin membeli beras 10 KG premium bersubsidi dengan harga spesial Rp20.000,” beber Reza, Sabtu (30/3/2024).
 
Program Mudik Gratis Berkah memiliki tiga jalur rute yang mencakup berbagai wilayah di Kalteng. Pendaftaran untuk program ini dapat dilakukan melalui tautan yang tersedia dengan syarat bahwa peserta harus merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Kalteng.
 
Para mahasiswa yang ingin bergabung dalam program ini dapat mengikuti keberangkatan yang dijadwalkan pada tanggal 6 April 2024, dimulai pukul 07.00 WIB di halaman kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng. 
 
Program “Mudik Gratis Berkah” memiliki tiga jalur rute yang mencakup berbagai wilayah di Kalteng, yaitu jalur rute 1 untuk wilayah barat, Katingan, Kotim, Seruyan, Lamandau, Sukamara. Jalur rute 2 untuk wilayah timur, Barsel, Bartim, Barut, dan Mura. Jalur rute 3 untuk wilayah tengah, pulpis, gunung mas, kapuas. 
 
Penumpang akan diantar hingga pool bus masing-masing terminal kabupaten tujuan, kecuali untuk kabupaten Seruyan yang akan diturunkan di Simpang Hanau.
 
Pendaftaran dan verifikasi penumpang dapat dilakukan paling lambat tanggal 4 April 2024. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi kontak yang tersedia untuk masing-masing rute, seperti Jeck (0822 5302 5013) untuk rute 1, Tasya (0881 0220 88211) untuk rute 2, dan Erly 0822 5615 1540 untuk rute 3.
 
“Peserta harus memperhatikan beberapa ketentuan, seperti penggunaan satu kursi per orang dengan bagasi maksimal berupa satu tas ransel dan satu koper serta membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan selama perjalanan,” jelas Reza.
 
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran berharap program ini dapat memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan bermakna bagi mahasiswa. Program Mudik Gratis Berkah menjadi salah satu upaya Gubernur Kalteng dalam mendukung mobilitas mahasiswa serta mempererat ikatan emosional mereka dengan keluarga dan tanah kelahiran saat momen Lebaran.(Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait