Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Melalui Peningkatkan Sinergi

Anggota DPRD Kalteng Siswandi (Media Dayak/dok DPRD Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak 

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu upaya untuk membangun sumber daya yang sehat, pemerintah harus memastikan jaminan kesehatan dan akses pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat hingga ke pelosok daerah.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPRD provinsi Kalteng, Siswandi mendorong Pemda di Kalteng, agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan ditingkat bawah, terutama di wilayah pelosok, sehingga permasalahan kesehatan masyarakat mampu ditangani dengan baik.

“Meski diakui, saat ini pandemi sudah melandai, akan tetapi di Kalteng sendiri masih memiliki permasalahan kesehatan yang perlu ditangani bersama, salah  satunya ialah stunting. Sehingga sangat perlu adanya pemaksimalan pelayanan kesehatan untuk menangani masalah tersebut, termasuk perbaikan pola asuh pada anak,” ujarnya.

Oleh karenanya lanjut Siswandi, saya mendorong Pemda yang ada di Kalteng, baik provinsi maupun kabupaten dan kota melalui dinas terkait untuk lebih meningkatkan sinergi mengoptimalkan peran puskesmas.

“Puskesmas pembantu, serta posyandu untuk melakukan edukasi pada keluarga di tingkat desa atau kelurahan agar menggalakan kembali ketahanan pangan bagi setiap keluarga,” ujarnya menambahkan.

Pada sisi lain Siswandi menilai, peran aktif masyarakat juga menjadi bagian yang sangat penting, terutama untuk menerima edukasi yang diberikan oleh petugas kesehatan mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui.

“Hal tersebut dilakukan agar bayi mereka bisa mendapatkan asupan gizi yang baik dan seimbang selama di 1000 hari pertama kehidupan. Agar stunting di Bumi Tambun Bungai bisa ditekan,” pungkasnya.(Ytm/Lsnn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.