Mahasiswa KKN UPR Hasilkan Produk Jamu KKN Anti Virus

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yorgen Kaharap Nahan, M.Si bersama 17 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas di UPR melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Rabauh  Kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas (Gumas). (Mediadayak/dok-Yorgen)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dalam rangka melakukan pengabdian nyata kepada masyarakat, sejumlah mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah berkontibusi dalam rangka meningkatkan kesehatan khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, dan berhasil memproduksi jamu anti Virus.

Puluhan Mahasiswa  UPR yang melaksanakan KKN di Desa Rabauh kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berhasil memproduksi Jamu KKN Anti Virus Rabauh.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yorgen Kaharap Nahan, M.Si mengatakan, pembuatan jamu anti Virus oleh mahasiswa KKN UPR tersebut merupakan wujud nyata peran mahasiswa dalam mewujudkan pengabdian masyarakat, terutama dalam menghadapi Covid-19 ini yang masih melanda masyarakat luas.

Dijelaskan Dosen Jurusan Sosiologi Fisipol UPR ini, jamu Anti Virus Desa Rabauh, terbuat dari bahan-bahan alami yang berkhasiat obat untuk meningkatkan imunitas dan menyembuhkan penyakit termasuk virus Covid 19.Ada puluhan bahan alami yang   diramu untuk menjadi obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat, baik untuk pencegahan maupun penyembuhan penyakit Covid 19. 

Produk Jamu KKN Anti Virus Desa Rabauh  Kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas (Gumas). (Mediadayak/dok-Yorgen)

“Bahan-bahannya sangat mudah di dapat oleh masyarakat dan diantara adalah,  Jahe Merah, Gula Aren, kapulaga, cengkeh, kunyit,  serta sejumlah bahan lainnya,” ungkap Yorgen Kaharap Nahan, Kepada Mediadayak.id.

Menurutnya, komposisi bahan ini mengandung anti oksidan, anti mikroba meningkatan imunitas dan melegakan saluran pernafasan yang tersumbat, menurunkan kolesterol dan memperkuat jantung.

“Bahan ini adalah ramuan tradisional Dayak yang turun terumurun, yang saat ini kami gunakan lagi untuk menjadi obat dan memperkuat imunitas,” ujarnya lagi. 

Ditambahkan Yorgen, kegiatan KKN Universitas Palangka Raya ini menjadi bagian pengabdian masyarakat, sebagai wahana untuk membawa perubahan dan pencerahan dalam rangka perbedayaan masyarakat Kalimantan Tengah yang sehat dan cedas.(Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.