Lomba Inovasi TTG dan TTG Unggulan Diharapkan Memiliki Manfaat Serta Mempunyai Nilai Ekonomis Bagi Masyarakat 

Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin saat menyampaikan sambutan di Hotel Swiss-Belhotel Danum, Rabu (17/4/2024) malam. (Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin membuka secara resmi Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2024, bertempat di Hotel Swiss-Belhotel Danum, Rabu (17/4/2024) malam. 
 
Kegiatan ini digelar Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk mencoba menggali potensi-potensi yang ada dan memberi ruang bagi masyarakat luas (inovator) untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan bidang teknologi, khususnya TTG.
 
Sebagai informasi, TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta memberikan nilai tambah aspek ekonomi dan lingkungan.
 
Sekda menyampaikan pemanfaatan TTG sangat diperlukan, baik secara individu maupun melalui kelembagaan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), sesuai kebutuhan dan dapat menjawab permasalahan masyarakat, sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) dan Transmigrasi RI Nomor 23 Tahun 2017 yang dalam hal ini dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan produktivitas dalam mengelola sumber daya yang ada di wilayah.
 
Ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Lomba Inovasi Teknologi ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah Perdesaan, sehingga dapat menghasilkan TTG yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.
 
“Untuk meningkatkan pemanfaatan TTG, baik individu maupun melalui Pos Pelayanan Teknologi maka perlu ada keselarasan dengan potensi wilayah, sehingga hasil inovasi dapat bermanfaat secara optimal, berkelanjutan, dan profesional,” tuturnya.
 
Ia berharap kegiatan Lomba Tingkat Provinsi Kalteng ini dapat menjadi katalisator bagi pengembangan dan pemantapan hasil inovasi, sehingga benar-benar mampu dan optimal dalam peningkatan penggunaan TTG.
 
“Salah satu penilaian dalam Lomba Inovasi TTG ini adalah komitmen dalam memberdayakan masyarakat, melalui inovasi alat maupun proses yang dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat desa, dalam pengelolaan sumber daya alam desa,” ungkapnya.
 
Sekda berpesan Kepada peserta lomba Inovasi TTG dan TTG Unggulan yang telah bersusah payah menuangkan ide dan inovasi menjadi sebuah alat TTG.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait