Logo Hari Jadi ke-67 Kalteng Resmi di Launching Wagub Edy Pratowo

Logo Hari Jadi ke 67 Kalteng (Biro Adpim)

Palangka Raya, Media Dayak

Pemerintah Provinsi Kalteng melaunching logo Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng Tahun 2024. 
 
Logo yang didominasi warna khas dayak yaitu merah, hijau, kuning, hitam dan putih itu resmi dirilis ke publik secara resmi yang dilakukan Wagub Kalteng Edy Pratowo di sela-sela kegiatan Musrenbang RPJPD TAHUN 2025-2045 dan RKPD 2025 Provinsi Kalteng Tahun 2024 di Aula Jayang Tingang, Rabu (24/4/2024). 
 
Hari Jadi Provinsi Kalteng diperingati setiap tanggal 23 Mei, sesuai dengan diterbitkannya Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalteng pada tanggal 23 Mei 1957.
 
Tema umum logo menggunakan kombinasi warna khas dayak yang dalam istilahnya 5 Ba yaitu bahandang, bahijau, bahenda, babilem dan baputi atau dalam bahasa Indonesianya adalah merah, hijau, kuning, hitam dan putih. 
 
Dalam logo resmi yang hak ciptanya DiskominfoSantik Provinsi Kalteng tersebut terdapat Tugu Soekarno. Dan ini merupakan tonggak sejarah pembentukan dan pembangunan Kalteng, yang tiang pancangnya diletakan oleh Presiden RI Pertama yaitu Ir Soekarno pada 23 Mei 1957. 
 
Ada juga logo talawang bundaran besar merupakan episentrum ibukota provinsi di jantung Kota Palangka Raya. Simbol pesatnya pembangunan di era Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo. 
 
Dan angka 67 dalam bentuk yang tegas namun dinamis yang dikombinasikan dengan motif ukiran dayak melambangkan wibawa pemerintah yang kuat namun tetap bersahaja dan menjunjung tinggi kearifan lokal. 
 
Tema Hari Jadi Kalteng adalah Kalteng Bermartabat, Maju dan Berkah, menggambarkan masyarakat Kalteng yang bermartabat dan penuh berkah serta maju dalam pembangunan. (Adpim/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait