Lembaga Survei Internasional Rilis Data Terbaru, Elektabilitas Ganjar Terus Pimpin Signifikan

Jakarta, Media Dayak 

Lembaga survei internasional, Ipsos Public Affairs telah merilis data terbaru mereka yang menunjukkan bahwa elektabilitas dari Ganjar Pranowo memang terus memimmpin bahkan secara signifikan.

Bacaan Lainnya

Diketahui bahwa Ipsos melakukan survei kepada tiga nama Capres yang akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Riset tersebut dilakukan pada periode tanggal 22 hingga 27 Agustus 2023 di sebanyak 24 Provinsi di Tanah Air dengan jumlah responden sebanyak 1.200.

Kemudian mereka melakukan metode multistage random sampling yang memiliki margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

Adapun dari hasil survei tersebut, angka elektoral dari Ganjar Pranowo tertinggi, yakni pada 40,12 persen.

Peneliti Senior Ipsos Public Affairs, Arif Nurul Imam menjelaskan bahwa memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari elektabilitas Capres PDI Perjuangan tersebut.

“Survei kali ini Ganjar Pranowo rebound. Untuk Anies terjadi penurunan, Ganjar terjadi lompatan signifikan, Prabowo naik namun tipis,” katanya.

Sementara itu, survei dari Litbang Kompas juga menunjukkan bahwa elektabilitas dari pemimpin berambut putih tersebut di kalangan para pemilih yang berlatar belakang NU juga paling tinggi yakni 25,6 persen.

Kemudian jika dikerucutkan lagi, para pemilih NU dari Jawa Timur bahkan sebanyak 37,1 persen mengaku bahwa mereka menjatuhkan pilihannya kepada Ganjar Pranowo.

Apabila dilihat dari jumlah pemilih Jatim keseluruhan, pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu berhasil mendulang hingga 33,5 persen melampauai seluruh kandidat lain.

Hal tersebut tentunya dikarenakan Ganjar Pranowo sendiri memiliki kedekatan cukup istimewa dengan para Kyai NU.

Bahkan dalam purnatugasnya sebagai Gubernur di Jawa Tengah, sebanyak ratusan Kyai NU termasuk juga pendiri organisasi Islam tersebut mendoakan pemimpin berusia 54 tahun itu.

Ketum Majelis Dzikir Al Tsawab, K.H Muhammadun Sya’roni atau Gus Mun mengucapkan kedatangan mereka memang bertujuan untuk melepaskan purnatugas Ganjar.

Bukan hanya itu, namun para Kyai tersebut juga melakukan istighosah dan juga doa bersama agar pemimpin mereka terus diliputi kesehatan dan kesuksesan seusainya menjabat sebagai Gubernur.

“Malam ini kami datang untuk melepas Pak Ganjar yang akan purna tugas sebagai Gubernur Jateng,” ucap Gus Mun.

“(Acara) ini dalam rangka perpisahan dan doa bersama untuk kesuksesan Pak Ganjar. Tadi dipimpin oleh Gus Muiz cicitnya KH Bisri Syansuri,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak ratusan warga juga telah berbondong mendatangi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, mulai dari penyapu jalan, petani, kader stunting hingga para seniman.

Mereka mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan pria tersebut selama dua periode yang menilai bahwa kini Jawa Tengah semakin berkembang lebih baik.

“Kami sengaja membawa hasil bumi terbaik, khusus untuk Pak Ganjar hari ini, sebagai ungkapan cinta kami dan rasa terima kasih kami,” ujar seorang petani.(Ist/ Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait