Lelang Tertunda, Lantaran Harga BBM Meningkat

Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Katingan Christian Rain. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Lelang sejumlah proyek yang sudah diprogramkan di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) Kabupaten Katingan tertunda. Buktinya, sudah di triwulan kedua ini tidak ada satu proyek pun di instansi ini yang dilelang.

Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Katingan, Christian Rain saat dikonfirmasi, Jumat (13/5/2022) kepada sejumlah awak media membenarkan hal tersebut, dengan alasan adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM). “Sehingga, untuk menentukan basic price menjadi kendala,” ujar Christian Rain, yang biasa dipanggil Rain.

Pasalnya, untuk melakukan lelang, harga bahan (basic price) di dalam Surat Perjanjian Kontrak (SPK) menjadi keharusan untuk dicantumkan.Termasuk juga harga BBM salah satu cost di dalam operasional jalannya pelaksanaan proyek yang akan dikerjakan oleh pemenang tender kelak.

Jadi, jika hari ini harga BBM misalnya Rp 10 ribu perliter, dan dimasukan di dalam dokumen lelang dengan harga tersebut. Setelah pemenang tender akan mengerjakan proyek tersebut, se pekan kemudian, harga BBM naik menjadi Rp 15 ribu perliter, ini yang dikhawatirkan.

Makanya, lanjutnya, sejumlah proyek yang sudah diprogramkan di Dinas PUPRP ini mengalami ketertundaan. Karena, proyek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan ini perlu mempertimbangkan konsekwensinya. Intinya, Pemkab sebagai pemberi pekerjaan tidak ingin hanya menguntungkan sepihak.

Kendati demikian, berdasarkan hasil rapat internal, dalam bulan Mei ini juga, dinas yang dipimpinnya menuruthya sudah mengajukan ke fihak panitia lelang bagian LPSE sejumlah program yang akan dilelang. “Semoga dalam waktu dekat ini bisa tayang di LPSE,” harap mantan Kabid Binamarga ini. (Kas/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.