Legislator Minta Dinas KUPP Katingan Kembangkan Usaha Rotan

Anggota DPRD Kabupaten Katingan; Rudi Hartono

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono meminta Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (KUPP) Kabupaten Katingan untuk kembangkan usaha di sektor perdagangan rotan.

Rudi mengatakan, perkembangan rotan di Katingan seharusnya diprioritaskan, mulai dari jaminan bahan baku produk dan desainnya, teknologi pengolahan, infrastruktur dan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM). “Namun demikian, hal yang sangat penting, adalah pemasaran dan media promosinya,” ujarnya, Jumat (6/5).

Sejauh ini, Rudi menilai, Dinas KUPP Kabupaten Katingan meskipun berganti pimpinannya masih belum ada upaya untuk melakukan inovasi terkait pengembangan dan pemasaran yang ingin memajukan usaha masyarakat, khususnya di sektor rotan. 

Padahal, jika memang ada niat, Rudi menyatakan, perkembangan rotan di Katingan akan maju dan bahkan bisa berkelanjutan. “Untuk memajukannya tersebut, tentu saja atas bantuan dari Dinas KUPP setempat,” tegasnya.

Yang tak kalah pentingnya juga, menurutnya, perlu adanya kerja sama yang baik antara petani rotan dan Pemkab Katingan melalui Dinas KUPP setempat. 

Kabupaten Katingan, menurut Rudi, kaya akan Sumber Daya Manusia (SDA) komoditas rotan. Untuk itu perlu pemasaran dan pengelolaan yang memiliki daya tarik tinggi. “Sehingga dapat meningkatkan geliat usaha rotan,” tandas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Kas/aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.