KSBN Katingan Ikuti FBKB Internasional di Bali

Sejumlah penari dari Kabupaten Katingan yang ikut seleksi untuk mengikuti even tersebut
Katingan.Media Dayak

Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Katingan ikuti Festival Budaya Kesenian Bali (FBKB) Internasional pada 8 Juli 2024 yang akan datang. Demikian kata Plt kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpor) Kabupaten Katingan, Kalpin kepada sejumlah awak media, Senin sore (22/4), di ruang kerjanya. 

Kegiatan ini menurut Kalpin bukan hanya diikuti puluhan KSBN dari berbagai daerah di seluruh Kabupaten dan Kota se Indonesia saja, tapi diikuti juga oleh puluhan lembaga seni tari dari mancanegara. “Bahkan’ kegiatan ini merupakan pagelaran bergengsi di tingkat internasional,” kata Kalpin.

Bacaan Lainnya

Adapun rombongan yang akan diberangkatkan untuk mengikuti kegiatan ini, menurutnya merupakan penari-penari yang benar-benar asli penari Kabupaten Katingan yang sudah diseleksi oleh KSBN Kabupaten Katingan yang diketuai oleh Winda Natalia. “Jumlahnya diperkirakan sekitar 20 orang penari,” terangnya. 

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini menurutnya, disamping untuk memperkenalkan kesenian daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya di bidang seni tari khas Kabupaten Katingan, dan harapannya seni tari yang kita promosikan ini bisa dilirik oleh daerah lain secara nasional dan oleh negara lainnya secara internasional.

Disamping itu, lanjutnya, untuk memberikan pengalaman kepada anak-anak, khususnya para penari di daerah kita dengan membuka cara pandang mereka terhadap berbagai jenis kesenian yang dipertunjukkan oleh masing-masing daerah dan mancanegara. Sehingga, sekembalinya dari kegiatan ini nanti dapat memajukan Kalteng, khususnya Kabupaten Katingan menjadi lebih maju lagi di bidang seni tari nantinya. “Jadi, berkat pengalaman mereka di Bali nanti, diharapkan mereka bisa memberikan gambaran untuk memajukan seni tari di Kabupaten Katingan ke depannya,” harapnya. 

Lebih jauh dirinya berharap, kepada mereka atau penari, sekembalinya  ke daerah bukan hanya menjadi duta seni  tari saja, tapi diharapkan juga bisa menjadi tenaga akhli (skill) dalam bidang seni tari di bumi Penyang Hinje Simpei ini. 

Sekedar diketahui, kata Kalpin, saat ini sebelum diberangkatkan ke Bali, mereka dilakukan seleksi terlebih dahulu. Kemudian dari hasil seleksi tersebut baru dilakukan pelatihan selama empat pekan ke depan. “Sedangkan keberangkatan mereka dalam mengikuti kegiatan ini atas kerjasama antara KBSN Kabupaten Katingan dengan Disbudpar Kabupaten Katingan,” ujar Kalpin yang juga masih menjabat sebagai salah satu staf akhli di Setda setempat. (***) 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait