1

Klinik Bisnis Festival Dengan Tema  Together in Diversity, We Go on, We Get It, Sukses Digelar

Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis.(Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Klinik Bisnis Festival sukses diselenggarakan di Kalimantan Tengah dengan mengusung tema “Together in Diversity, We Go on, We Get It”. Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Serbaguna Jln. Tjilik Riwut Km. 5, Kota Palangka Raya. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari  pada, Sabtu (18/12/2021) lalu.

Klinik Bisnis Festival merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan semangat berwirausaha maupun mengembangkan usaha yang dimiliki, serta mendorong masyarakat untuk lebih berinovasi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

Meskipun kegiatan ini hanya dilaksanakan dalam satu hari saja, antusiasme undangan maupun peserta yang hadir sangat luar biasa. Terhitung ada 1.500 orang yang hadir secara online.

Adapun yang berhadir secara offline dalam acara ini, berasal dari tokoh-tokoh penting, seperti Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, Danrem 102 Panju Panjung Brigen TNI Yudianto Putrajaya, Kajati Kalimatan Tengah, Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalteng Otto Fitriandy, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov. Kalteng, Pemerintah Kota Palangka Raya, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Kalteng, pejabat pemerintah lainnya, pengusaha nasional, civitas akademika, serta ratusan pelaku UMKM daerah.

Kegiatan Klinik Bisnis Festival berhasil menarik perhatian publik karena menghadirkan motivational speaker yaitu Merry Riana (Motivator Wanita No. 1 di Asia).

Tak hanya itu acara ini juga diisi dengan special performance dari musisi Jaz Hayat. Penampilan dari musisi ibukota dan idola anak-anak muda ini membuat suasana di dalam GOR Serbaguna langsung meledak karena euphoria seluruh peserta yang hadir.

Acara ini memang benar-benar spektakuler karena bisa mengadakan 3 event sekaligus. Apalagi acara ini mampu menghadirkan para pemateri yang sangat luar biasa, ditambah special performance dari Jaz Hayat, idola nya anak muda masa kini. Ungkap salah satu peserta yang hadir.

Rangkaian acara dalam Klinik Bisnis Festival menjadi sorotan karena keberhasilannya dalam menyelenggarakan 3 event sekaligus pada satu hari, yaitu Talkshow, Cultural Show, dan Expo UMKM.

Talkshow membahas tentang semangat kewirausahaan melalui kisah inspiratif yang mampu memotivasi siapapun yang hadir. Talkshow juga berupaya membangun semangat kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur.

Merry Riana menyampaikan kiat sukses diawal adalah mulai saja dulu, karena tidak pernah ada waktu yang sempurna, tidak ada perencanaan yang sempurna dan jangan pernah berpikir kalau UMKM itu harus punya modal besar untuk bisa memulai.

Selain Talkshow, kegiatan ini juga diisi dengan Spectacular Performance, yaitu Pagelaran Seni Budaya atau Cultural Show yang menampilkan kreasi seni budaya Kalimantan Tengah dengan tujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom).

Cultural Show mempersembahkan tarian kreasi daerah Kalimantan Tengah oleh Sanggar Seni Betang Batarung, salah satu sanggar tari di Kalimantan Tengah yang pengalamannya sudah sampai pada event Internasional di Negara Australia maupun Eropa.

Kemudian Cultural Show juga menampilkan kolaborasi aransemen lagu daerah Kalimantan Tengah oleh Helmy Trianggara, pemusik sape asal Kotawaringin Barat dan Kalvery Ben Gorio, pemusik kecapi Kalimantan Tengah.

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini juga diadakan Expo UMKM yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan mitra Klinik Bisnis. Hal yang berbeda dari kegiatan ini adalah dengan dihadirkannya mitra khusus Klinik Bisnis, yaitu para pejuang ekonomi tangguh. Mereka difasilitasi untuk memperkenalkan produknya melalui Expo ini.

Kegiatan Klinik Bisnis Festival juga menjadi momentum perayaan 1 tahun berdirinya Klinik Bisnis, sehingga pada acara ini juga diisi dengan celebration of the 1st anniversary of Klinik Bisnis. Ucap Koordinator Klinik Bisnis, Muhammad Asary.

Tak hanya itu, dalam acara ini juga dilakukan penyerahan dana bantuan (foundation donation) modal untuk mengembangkan usaha sebesar Rp. 10.000.000 kepada masing-maisng mitra terpilih Klinik Bisnis. Setelah itu dilanjutkan pengumuman terkait open recruitment mitra angkatan ke-2 klinik bisnis yang akan menjangkau skala regional se-Kalimantan.

Monica Putri Rasyid, CEO Klinik Bisnis menyampaikan kegiatan ini adalah untuk memperlihatkan perkembangan para mitra Klinik Bisnis dari awal hingga akhir tahun.

“Perkembangannya luar biasa, seperti packaging yang semakin bagus, punya brand sendiri, pengiriman produk hingga ke luar pulau dan bahkan menciptakan produk dengan berkoloborasi dengan UMKM lain dari Mitra Klinik Bisnis” ujarnya, dalam press rilis yang diterima Mediadayak.id.

Di Festival Klinik Bisnis ini  juga menghadirkan para ‘Pejuang Tangguh Ekonomi’ yang bisa dijadikan inspirasi bagi anak muda di Kalimantan Tengah.

“Diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi anak muda yang ada di Kalimantan Tengah untuk pantang menyerah dalam kehidupan,” ucap Monica Putri Rasyid.(Ist/Ytm/Lsn)