Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifa’i, Apresiasi Kunker Wantimpres ke Kawasan Food Estate

H Ahmad Rifa’i

Pulang Pisau, Media Dayak
 
Dalam rangka meninjau potensi pertanian yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) melaksanakan kunjungan kerja (Kunker), khususnya di kawasan lahan food estate yang ada di Desa Sanggang dan Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (07/05/2024).
 
Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, H. Ahmad Rifa’i sangat mengapresiasi Kunker Wantimpres, Dr. H. Soekarwo, SH., MH. ini. Dirinya berharap, melalui Kunker Wantimpres ini bisa mengakomodir semua keinginan Gapoktan dan poktan yang ada di wilayah pulang pisau berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten setempat.
 
“Pengembangan Budidaya padi (ON FARM) mendukung Food Estate khususnya di Kabupaten Pulang Pisau dilaksanakan melalui kegiatan intensifikasi lahan secara bertahap seluas 10.000 Hektar pada tahun 2020. Adapun untuk tahun 2021 seluas 1.135 Hektar dan ekstensifikasi 3.878,48 Hektar,” kata H. Ahmad Rifa’i.
 
“Untuk hasil produksi padi di Kawasan Food Estate cenderung mengalami peningkatan mulai dari tahun 2021 berkisar 2,29 ton per hektar , 3,36 ton per hektar tahun 2022 dan naik mencapai 3,51 ton per hektar pada tahun 2023,” lanjutnya.
 
Namun semua itu tidak terlepas dari kendala dan keterbatasan yang dihadapi antara lain budidaya pertanian di lahan rawa sangat bergantung sepenuhnya pada sistem tata kelola air (irigasi) yang mana kondisi irigasi di kawasan Food Estate belum sepenuhnya baik, sehingga berpengaruh pada waktu tanam yang tidak bisa serempak yang akhirnya berdampak pada kerentanan organisme pengganggu tanaman,” tambahnya.
 
Selain itu keterbatasan Sumberdaya Manusia petani Penggarap dan kelembagaan korporasi petani yang belum sepenuhnya terbentuk juga berpengaruh terhadap aktivitas budidaya tanam, pengelolaan hasil panen, sehingga peningkatan nilai tambah petani di Kawasan Food estate serta jaminan keberlanjutan ke arah kemandirian,” tukasnya.
 
”Dengan adanya pertemuan dengan Wantimpres tersebut dirinya berharap dapat mencari solusi untuk mengatasi kendala yang sedang dihadapi sehingga dapat memacu dan merealisasikan target kegiatan pembangunan pertanian dari sektor hulu sampai dengan sektor hilir di Kabupaten Pulang Pisau, demi peningkatan kesejahteraan para petani dan kemajuan daerah di masa yang akan datang,” tutupnya.(Alp/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait