Ketersediaan Nakes Di Wilayah Terpencil Diharapkan Menjadi Salah Satu Perhatian Pemerintah

Rusita Irma

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sebagaimana di ketahui luas wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) mencapai 153.564 kilometer persegi atau 1,5 kali luas Pulau Jawa dengan penduduk sekitar 2,76 juta jiwa dan merupakan Pulau terbesar dan terluas di Indonesia kedua.

Hingga sampai saat ini belum semua masyarakat Kalimantan Tengah dapat menikmati pelayanan kesehatan secara memadai, khususnya yang berada di wilayah terpencil.

Hal tersebut terjadi akibat banyaknya daerah terpencil yang kekurangan tenaga kesehatan (Nakes). Oleh karenanya Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Rusita Irma meninta kepada pemerintah agar bisa memperhatikan pemenuhan tenaga nakes di setiap wilayah terpencil di seluruh penjuru Kalteng 

“Pasalnya, keberadaan Nakes ini sangatlah penting bagi masyarakat, agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan memadai bagi masyarakat,” capnya, Selasa (26/10).

Jadi, katanya, melanjutkan, perlu adanya trobosan dari Pemprov Kalteng maupun kabupaten/kota masing-masing untuk menempatkan nakes di wilayah-wilayah terpencil tersebut.

Selanjutnya, pada sisi lain perhatian akan peningkatan serta pembangunan sarana dan prasarana kesehatan juga perlu diperhatikan. “Lantaran, masih banyak fasilitas kesehatan yang memerlukan perhatian pemerintah,”bebernya.

Lebih lanjut, menurut Srikandi Fraksi PKB DPRD Kalimantan Tengah ini, dari segi SDM Nakes juga masih terdapat yang belum memenuhi standart yang telah ditetapkan. Sehingga, hal ini perlu terus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang dilayani.

“Perlu di ingat, Nakes merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi, wilayah yang belum ada Nakesnya agar bisa diperhatikan dan kualitas SDMnya juga supaya bisa terus ditingkatkan,”pungkas Rusita Irma. (YM/Rsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *