Kekurangan Nakes Masih Menjadi Aspirasi Masyarakat di Wilayah Pelosok 

 
Anggota DPRD Provinsi Kalteng Rusita Irma .(Media Dayak/DPRD Kalteng)
   
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Pemerataan tenaga kesehatan (Nakes) hingga wilayah pelosok adalah upaya yang sangat penting untuk memastikan akses layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil.
 
Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Rusita Irma mengungkapkan sampai saat ini masih terdapat wilayah yang masih kekurangan tenaga Nakes khususnya di perdesaan. Sehingga, sangat diharapkan itu bisa menjadi perhatian guna meningkatkan layanan kesehatan di desa.
 
“Ketika kita reses, terkait kekurangan nakes di pelosok pedesaan, hal itu menjadi bagian aspirasi yang kerap disampaikan masyarakat misalnya di wilayah Dapil Kalteng V meliputi Kapuas dan Pulpis,” katanya, Rabu (22/5/2024)
 
Ia mengatakan memenuhi Nakes sangat penting dan menjadi kewajiban pemerintah utamanya di daerah pelosok, sehingga hal ini harus bisa menjadi program prioritas yang dijalankan oleh pemerintah daerah.
 
“Kita minta ketika ada penerimaan ASN kesehatan formasi untuk mengisi di daerah pelosok itu diperbanyak kuotanya, karena yang kita lihat di daerah perkotaan Nakesnya sudah banyak, ini sebagai upaya pemerataan,”  ungkapnya menambahkan.
 
Disisi lain, harus ada solusi lain untuk mengisi kekosongan Nakes di pelosok ini, misalnya dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak putra atau putri daerah masing-masing agar bisa menempuh pendidikan tinggi jurusan kesehatan.
 
“Sehingga ketika nanti anak-anak yang diberi beasiswa lulus, bisa ditugaskan langsung di desanya masing-masing, menurut kami hal seperti ini adalah program yang harus bisa dipikirkan oleh Pemda agar tidak ada lagi kedepan desa yang kekurangan bahkan tidak memiliki Nakes, karena ini penting,” tutupnya mengingatkan (Ytm/Lsn)
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait