Katingan Hulu Minta Guru Agama, Matematika dan Bahasa   

WAWANCARA – Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto SH, bersama Waket II DPRD setempat, Fahrul Razie, saat diwawancarai oleh sejumlah awak media, di ruang loby DPRD setempat, belum lama ini. (Foto : Media Dayak/Kas)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sejumlah sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kecamatan Katingan Hulu masih ada yang tidak memiliki guru agama, guru matematika dan guru bahasa Indonesia. 

“Oleh karena itu, saya berharap, instansi yang menangani pendidikan di daerah kita berupaya untuk mencarikan solusinya,”kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto SH kepada sejumlah awak media, Senin siang (03/04), di Kasongan.

Belum terpenuhinya ketiga guru yang sesuai dengan bidangnya masing-masing tersebut menurutnya,  memang fakta ditemuinya oleh dirinya sendiri saat dirinya berkunjung ke sekolah-sekolah yang ada di bagian hulu Katingan pada masa reses beberapa waktu lalu. Seperti sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Katingan Hulu dan Bukit Raya. 

Dengan ketiadaan ketiga guru di tiga bidang mata pelajaran tersebut menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, tentu saja siswa di bagian hulu sulit bersaing dengan siswa dan siswi di Kasongan dan di beberapa sekolah lainnya. 

Khusus, untuk guru agama di satu sekolah jika tidak ada menurutnya akan bedampak terhadap siswa itu sendiri. Dampak yang dikhawatirkan adalah terkait dengan pengetahuan dan  kewajiban sebagai umat beragama dalam menjalankan perintah Tuhannya sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing,” jelasnya. 

Terkait dengan belum terpenuhinya ketiga guru bidang mata pelajaran dimaksud, lanjutnya, sudah beberapa tahun berlangsung. “Padahal sudah beberapa kali meminta kepada instansi terkait agar memenuhinya pada saat musrenbang. Namun, hingga sekarang masih belum terpenuhi juga,”jelas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Ray ini. 

Sehubungan dengan itulah, dirinya berharap kepada instansi terkait agar dapat memenuhi harapan sekolah, harapan masyarakat dan harapan ratusan siswa di bagian hulu Katingan ini. “Jika belum ada guru yang berstatus PNS, bisa ditugaskan guru bantu yang diberikan insentif sesuai dengan kebutuhannya,”harap anggota dewan dua priode ini. (Kas/Rsn) 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait