Kadis PMD Kalteng : Kegiatan Ini sebagai Wujud Komitmen Pemda untuk Percepatan Penyelesaian Batas Desa

PESERTA FASILITASI PERCEPATAN-Para peserta yang terdiri Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kasi Pemerintahan Desa di Desa serta Tim unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Barito Utara saat mengikuti kegiatan, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin (13/5/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bernie Saputra mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan Fasilitasi Percepatan dan Penyelesaian Batas Desa di Barito Utara adalah untuk memantau secara langsung sejauhmana pelaksanaan penyelenggaraan penetapan dan penegasan batas desa sebagai bahan evaluasi guna perbaikan di waktu-waktu yang akan datang.

“Dan memantapkan pelaksanaan Administrasi batas wilayah diseluruh Desa se Kabupaten Barito Utara sebagai wujud komitmen Pemerintah Daerah untuk percepatan penyelesaian batas desa,” kata Bernie Saputra saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut di aula BappedaLitbang, Senin (13/5/2024).

Selain itu kata Bernie untuk meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintah daerah tentang teknis pemetaan batas wilayah dengan penyampaian informasi, sehingga daerah mewujudkan tertib administrasi pemerintahan kususnya terkait penegasan batas wilayah desa/kelurahan. Memfasilitasi penanda tangan Berita Acara Kesepakatan antar desa serta memfasilitasi draf rancangan Peraturan Bupati tentang Batas Desa.

Ia juga menjelaskan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan Fasilitasi Percepatan dan Penyelesaian Batas Desa di Kabupaten Barito Utara Tahun 2024, adalah proses penetapan dan penegasan batas desa dapat terlaksana dengan baik.

Terfasilitasinya penetapan dan penegasan batas desa hingga tahap pengesahan batas desa. Tersusunnya Peraturan Bupati (Perbup) tentang penetapan dan penegasan batas desa di seluruh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah secara komprehensif serta tercapainya tertib administrasi tentang batas desa dari lingkup desa hingga pusat.

“Untuk peserta dalam kegiatan Fasilitasi Percepatan dan Penyelesaian Batas Desa di Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 adalah seluruh Camat, Lurah, kepala Desa dan Kasi Pemerintahan Desa di Desa serta Tim unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Lebih lanjut Bernie mengatakan susunan Tim Pelaksana dan Moderator Kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 tersusun dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2024.

“Untuk narasumber pada dalam kegiatan Sosialiasi dan Fasilitasi Penetapan dan Penegasan Batas Desa di Kabupaten Barito Utara Tahun 2024, adalah Pj Bupati Barito Utara atau yang memwakili, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah; serta tim PPBDesa Provinsi Kalimantan Tengah. Dan kegiatan dilaksanakan selama 1 hari di aula BappedaLitbang Muara Teweh,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan aktif. Harapan kita bersama kegiatan ini dapat berjalan sukses dari awal sampai berakhirnya nanti serta mendapatkan hasil yang maksimal.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait