Kabar Baik, Jalan Khusus Angkutan Tambang dan Sawit Diharapkan Terealisasi Tahun Ini

Pj.Bupati Gumas Herson B.Aden.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas) Herson B.Aden menyampaikan progress rencana pembangunan jalan khusus untuk pengangkutan hasil tambang dan perkebunan terus berjalan.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini,harapannya tahun ini ya, pembuatan jalan khusus itu kita harapkan bisa terealisasi. Kita tetap lakukan koordinasi, pak sekda, dinas perhubungan, melakukan koordinasi dengan dinas perhubungan provinsi dalam rangka merealisasikan harapan kita akan hal itu,”ujar Herson usai memimpin upacara peringatan hari lahir (harlah) Pancasila 1 Juni 2024 di Halaman Kantor Bupati Gumas, Sabtu (1/6/2024)

Menurutnya,terkait jalan khusus,ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan dan disepakati,dengan tetap meningkatkan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi,karena tanpa koordinasi dengan pihak provinsi yang punya jalan,semuanya tidak akan berjalan dengan baik.

“Dengan penggunaan ruas jalan provinsi ini sesuai ketentuan, nantinya diharapkan akan dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi, dan jalan kita itu akan terjaga dengan adanya jalan khusus,”kata Herson.

Pria yang pernah menjabat Kepala Bappeda Provinsi Kalteng itu menyebut, pemerintah provinsi melalui dinas pekerjaan umum tahun ini akan melakukan perbaikan dan peningkatan ruas jalan provinsi yang melintasi wilayah Gumas.

“Kita harapkan teman-teman dari dinas pekerjaan umum provinsi dan PBS bisa berkolaborasi dalam perbaikan ruas jalan provinsi yang melintasi wilayah Gumas untuk kelancaran lalu lintas barang dan orang,” ucap Herson.

Perlu diketahui, ruas jalan provinsi yang melintasi wilayah Gumas termasuk jalan kelas III, dengan muatan sumbu terberatnya (MST) 8 ton, lebar kendaraan 2,1 meter, panjang 9 meter dan tinggi 3,5 meter.

Sedangkan jalan khusus bagi truk pengangkut hasil tambag dan sawit, muatan MST nya lebih dari 10 ton, lebar kendaraan  2,5 meter, panjang 18 meter, dan tinggi 4,2 meter.

Masyarakat Gumas berharap adanya jalan khusus bagi truk angkutan hasil tambang dan sawit sesuai peraturan yang ada, mengingat dampak truk angkutan hasil tambang dan sawit yakni  kerusakan jalan/jembatan,kemacetan/antrian kendaraan,bahkan  terjadinya kecelakaan. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait