Jenis Pelatihan diikuti 48 Peserta di LPK Kuat Perkasa Abadi Tanjung

TANDATANGAN KERJASAMA-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kadis Tenaga Kerja Tabalong menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara dan LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel dalam kegiatan pelatihan operator alat berat Excavator, Dump Truck dan Driver Sarana LV, di LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Jumat (31/5/2024).(Media Dayak/dok.Disnakertranskop UKM Barut) 

Tanjung, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara bekerjasama dengan LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel melaksanakan kegiatan pelatihan operator alat berat Excavator, Dump Truck dan Driver Sarana LV, di LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Jumat (31/5/2024).  

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara, M Mastur mengatakan dalam kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 48 orang peserta dengan 3 (tiga) jenis pelatihan yaitu operator alat berat Excavator, Dump Truck dan Driver Sarana LV.

 

“Peserta pelatihan ini berjumlah total 48 peserta untuk 3 (tiga) jenis pelatihan, yang diikuti masing-masing sebanyak 16 orang peserta per paket pelatihan, yaitu Operator Excavator 16 orang peserta, operator DT sebanyak 16 orang peserta dan Driver Sarana LV sebanyak 16 orang peserta peserta,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur.

 

Dikatakan Mastur, para peserta pelatihan ini adalah para pencari kerja di wilayah Kabupaten Barito Utara. “Pelatihan dilaksanakan semalam 20 hari kalender terhitung dari tanggal 28 Mei – 16 Juni 2024,” kata Mastur.

 

Lebih lanjut Mastur mengatakan maksud dan tujuan dari pelatihan operator alat berat Excavator, Dump Truck (DT) dan Sarana LV adalah agar didapatkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan keahlian sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri.

 

Selain itu kata dia percepatan peningkatan daya saing tenaga kerja di Kabupaten Barito Utara. Tenaga kerja yang telah dilatih mampu bersaing memasuki dunia kerja/industri atau usaha mandiri berwirausaha. Serta mempererat hubungan kerjasama, sinergisitas, kolaborasi dengan stakeholder terkait.

 

Sebelumnya, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan pelatihan ini penting dilaksanakan guna membekali, serta meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi tenaga kerja, agar mereka dapat siap bersaing dan mempunyai peluang besar terserap di dunia kerja,

 

“Sehingga nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” imbuhnya.

 

Menurut Pj Bupati, dengan meningkatnya pendapatan dan pertumbuhan ekonomi akan memberikan dampak positif terhadap menurunnya tingkat inflasi daerah dan tingkat pengangguran serta kemiskinan di wilayah Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantaan Tengah.

 

“Saya berharap kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti seluruh rundown kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, semangat dan disiplin. Manfaatkan setiap sesi pelatihan untuk menggali ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para instruktur/pengajar yang telah berpengalaman,” pinta Pj Bupati Muhlis.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait