Jaya Kukuhkan Forum Kabupaten Gumas Sehat

Bupati Jaya berfoto bersama Forkopimda, Asisten I dan II Setda Gumas, Kepala Bappedalitbang, beberapa tokoh agama, serta pengurus Forum Kabupaten Gumas Sehat. (Media Dayak/Ist).

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong mengukuhkan Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat di Aula Bappedalitbang setempat, Rabu (18/5).

Pengukuhan berdasarkan Keputusan Bupati Gumas nomor 164 tahun 2022 tanggal 22 April 2022 tentang Pembentukan Kabupaten Sehat.

Pada sambutannya Jaya mengatakan, Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

“Untuk menuju Kabupaten Sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus dengan menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, mengembangkan potensi-potensi ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi-fungsi kehidupan guna membangun potensi maksimal suatu kabupaten dalam bidang kesehatan,” terangnya.

Pelaksanaan Kabupaten Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program dan kegiatan yang menjadi permasalahan potensial di daerah, secara bertahap dimulai dengan kegiatan prioritas bagi masyarakat di kecamatan dan desa/kelurahan dengan koordinasi, kolaborasi, sinergisitas dan integrasi lintas sektor/lintas program.

“Forum Kabupaten Sehat adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat warganya,” kata Jaya.

Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia dalam laporannya memaparkan, Kabupaten Gumas adalah salah satu kabupaten di Kalteng yang diharapkan dapat mengikuti dan menerapkan Kabupaten Sehat.

Untuk mewujudkan Kabupaten Gumas yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemda.

Prinsip Kabupaten/Kota Sehat, yakni bukan lomba antar kabupaten/kota, tetapi lomba terhadap diri sendiri. Salah satu kriteria penghargaan Kabupaten/Kota Sehat adalah prasyarat ODF 80 persen, Kelembagaan, Indikator Pokok dan Indikator Tatanan.

“Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 berada pada posisi SBS/ODF 47,24 persen dan tahun 2022 posisi ODF Kabupaten Gunung Mas 48,03 persen,” kata Yantrio.

Ditambahnya pelaksanaan Kabupaten Sehat adalah merupakan bagian yang sangat strategis, diantaranya pencegahan stunting melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Ny Mimie Mariatie Jaya S Monong didapuk sebagai Ketua Umum Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat. Ketua Harian Iceu Purnamasari yang juga Ketua Komisi III DPRD Gumas, Sekretaris Mitra Tanjung, Bendahara Andika Saputra dan 19 orang anggota.

Kegiatan dihadiri unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, Asisten I dan II Setda Gumas, sejumlah pejabat eselon II dan II, sejumlah tokoh agama, dan undangan lainnya. (Nov/Aw)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.