Jaksa Masuk Sekolah, Anak Muda Diminta Miliki Kejujuran

Kajari Gumas Nixon Nikolaus Nilla bersama peserta dan guru usai sosialisasi penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah di GPU Damang Batu, Kamis (11/8/2022).(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunung Mas (Gumas) menyelenggarakan penyuluhan hukum Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di GPU Damang Batu, Kamis (11/8).

Kegiatan diikuti peserta didik dari SMAN 1 Kurun dan SMKN 1 Kurun dengan tema Kenali Hukum,Jauhkan Hukuman.

Pada kesempatan itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gumas Nixon Nikolaus Nilla menekankan pentingnya generasi muda Gumas memiliki intregritas. Integritas berarti berbicara soal kejujuran serta takut akan Tuhan.

“Sebuah keniscayaan bagi generasi muda di wilayah ini untuk pintar dan memiliki keterampilan. Namun itu belumlah cukup. Generasi muda harus memiliki kejujuran, sikap yang baik dan takut kepada Tuhan,” kata Nixon didampingi Kasi Intel Teguh Iskandar.

Nixon menuturkan kejujuran, sikap yang baik dan takut kepada Tuhan, salah satunya ditunjukan dengan perilaku hidup yang baik yang berkenan dipemandangan Tuhan dan manusia. Seperti tidak berkompromi dengan narkoba, minuman keras dan pergaulan buruk lainnya.

“Kejujuran dan takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. Generasi muda Kabupaten Gunung Mas harus menjadi gerenasi muda yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta dalam pengenalan akan kebenaran perintah Tuhan yang memerdekakan dari perbuatan tercela,” ujar Nixon.

Pria asal Papua itu juga mengingatkan generasi muda Gumas untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Saring sebelum di sharing agar tidak terjerat hukum.

Media sosial memberikan kebaikan jika digunakan dengan baik dan benar.Namun jika digunakan dengan tidak terkontrol akan menjadi hal negatif.

Nixon pun memaparkan tujuh perintah Jaksa Agung RI yakni, tingkatkan kapabilitas, kapasitas dan integritas dalam mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang. Kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan.

 Wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia. Tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat.

 Akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional. Jaga netralitas aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja kejaksaan. (Nov/Lsn)

Penulis : Novri JK Handuran

Editor   : Limson Dedy

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *