Jaga Kebersihan Lingkungan Hindari DBD

Anggota DPRD kota Palangka Raya Hasan Busyairi. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dengan menjaga kebersihan lingkungan sangat efektif mencegah penyebaran DBD dan menjaga kesehatan lingkungan serta masyarakat sekitar.
 
Dari itu Anggota DPRD kota Palangka Raya Hasan Busyairi meminta seluruh masyarakat di daerah ini untuk lebih mewaspadai penyakit DBD lantaran, akhir-akhir ini kota Palangka Raya kerap dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
 
“Dampak intensitas hujan yang lumayan sering, membuat genangan air di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya yang dapat menjadi wadah bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak,” ungkapnya, Rabu (29/5/2024).
 
Oleh karenanya ia meminta seluruh masyarakat agar dapat menerapkan 3M Plus, yaitu menguras bak mandi dan tempat penampungan air. Kemudian menutup rapat penampungan air, mendaur ulang barang bekas serta menaburkan larvasida pada tempat yang sulit untuk dikuras.
 
“Pastikan semua tempat penampungan air ditutup rapat agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di dalamnya, serta barang bekas yang dapat menampung air, seperti kaleng, botol, dan ban bekas, sebaiknya dikubur atau dibuang agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk,” ujarnya.
 
Disisi lain Hasan meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat segera melapor ke pusat kesehatan terdekat jika mengalami gejala demam tinggi mendadak, nyeri otot dan sendi, serta ruam pada kulit.
 
Ia menyebut, dengan mendeteksi secara dini dan penanganan yang cepat adalah upaya menghindari seseorang mengalami komplikasi serius penyakit DBD.
 
“Selanjutnya jangan lupa menjaga pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Dengan daya tahan tubuh yang baik, risiko terkena penyakit, termasuk DBD, dapat diminimalisir,” pungkasnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait