Investasi Harus Sejahterakan Warga

 Anggota DPRD Gumas Pdt Rayaniatie Djangkan. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Pdt Rayaniatie Djangkan menyatakan investasi yang bercokol di Gumas harus bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

“Banyak perusahaan besar swasta di wilayah ini, mereka jangan hanya mengejar keuntungan tapi harus memperhatikan kepentingan masyarakat, melakukan pemberdayaan terhadap warga,” kata Raya, Jumat (27/1/2023).

Legislator tiga periode itu mengaku kerap terjadi konflik antara warga dan perusahaan disebabkan pihak perusahaan mengabaikan hak dan kepentingan masyarakat.

Sejatinya hal itu [konfil] tidak terjadi apabila hak dan kepentingan masyarakat diperhatikan oleh perusahaan, dimana perusahaan bertindak secara bijak dan mengedepankan komunikas yang baik dengan warga.

“Tidak ada yang tidak menginginkan investasi di wilayah ini, tapi investasi yang sehat, yang patuh dengan kewajibannya,” tuturnya.

Menyoal keterampilan tenaga kerja lokal, Raya mengaku butuh peningkatan melalui pelatihan yang dilakukan dinas terkait maupun perusahaan.

“Dinas terkait bekerjasama dengan perusahaan bisa melakukan pelatihan keterampilan mengoperasionalkan alat berat bagi tenaga kerja lokal sehingga keterampilan tenaga kerja lokal meningkat, tidak lagi mereka hanya bekerja sebagai tenaga pengamanan [satpam] bahkan tenaga kasar,” jabar Raya. (Nov/Lsn)

 

Penulis : Novri JK Handuran

Editor   : Limson Dedy

 

 

 

 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait