Inspektur Provinsi Kalteng Pimpin Pengawasan Penyelenggaraan Pemda Kabupaten Sukamara

Inspektur Provinsi Kalteng Saring didampingi Sekda Kabupaten Sukamara dan Inspektur Kabupaten Sukamara saat memberikan arahan, Senin (8/9).(Media Dayak/MMC Kalteng)

Sukamara, Media Dayak

Inspektur Provinsi Kalteng Saring, memimpin entry meeting pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah (Pemda) Kabupaten Sukamara di Aula Kantor Bupati Sukamara l, Tjilik Riwut, Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Senin (8/8). 
 
Kedatangan Inspektur beserta rombongan disambut langsung oleh Sekda Kabupaten Sukamara Rendy Lesmana didampingi Inspektur Kabupaten Sukamara Evlrina Septiawaty.
 
Inspektur Provinsi Kalteng Saring, mengatakan kegiatan pengawasan penyelenggaraan Pemda Kabupaten Sukamara tahun 2022 atau yang dulu dikenal dengan istilah pemeriksaan reguler tahunan kabupaten merupakan amanat dan pelaksanaan dari Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemda, Perpem No 12 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Perpem.
 
“Serta Permendagri Nomor 48 tahun 2021 tentang Perencanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemda tahun 2022. Pada peraturan perundangan tersebut dinyatakan bahwa pelaksanaan pengawasan umum dan pengawasan teknis terhadap kabupaten/kota dilakukan oleh Inspektorat Provinsi selaku Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat,” terangnya 
 
Pengawasan penyelenggaraan Pemda khususnya sambung Saring, pada tahun anggaran 2022 ini difokuskan dan disusun berdasarkan pada sektor prioritas dan risiko serta diarahkan sesuai dengan rencana kerja pemerintah tahun 2022, yaitu pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.
 
“Tujuan pengawasan yang ingin dicapai sebagaimana tertuang dalam Permendagri No 48 tahun 2021 tentang Perencanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemda Tahun 2022 adalah untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tutup Saring.
 
Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukamara Rendy Lesmana mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat Provinsi yang telah hadir dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. 
 
“Saya berharap Kepala Dinas Kabupaten Sukamara terkait dapat bekerja sama dalam pemenuhan dokumen yang diminta oleh tim guna kelancaran pengawasan ini,” katanya singkat (MMC/YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *