Insan Media Berperan Penting Menyukseskan World Water Forum di Bali

Jakarta, Media Dayak 

Setelah sukses dalam perhelatan G-20, KTT ASEAN dan KTT AIS 2023, media massa saat ini menyoroti event Internasional yang membahas permasalahan air secara global yaitu World Water Forum ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong mengatakan untuk mendukung fasilitas untuk para jurnalis dalam menyukseskan World Water Forum, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyiapkan Media Center yang mampu menampung hingga seribu jurnalis dalam dan luar negeri.

“Media Center World Water Forum 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) berkapasitas 1000 jurnalis.” kata Usman.

Usman juga mengatakan Media Center tersebut memiliki berbagai fasilitas penunjang kerja jurnalis peliput World Water Forum ke-10 seperti internet cepat yang disediakan oleh berbagai operator selular. Sehingga para jurnalis dapat bekerja dengan nyaman dalam turut menyukseskan penyelenggaraan World Water Forum.

“Provider internet (dalam WWF ke-10) adalah operator. Kita (Kominfo) sudah mengkonsolidasikan, dan di Bali infrastrukturnya sudah baik dalam menunjang kinerja para teman-teman media,” jelas Usman Kansong.

Menurut, Usman Kansong, selama gelaran World Water Forum, jaringan 5G akan tersedia di sejumlah wilayah, antara lain di sekitar lokasi acara, seperti Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) dan Bali Internasional Convention Centre (BICC).

“Kalau jaringan 5G kan pasti lebih cepat. Jadi ini akan membantu para peserta dalam berkomunikasi, membantu juga media dalam mengirimkan berita, dalam mengirimkan video maupun gambar,” tuturnya.

Indonesia sudah dikenal di mata dunia sukses dalam menyelenggarkan event-event internasional. Bukan hanya desain pelaksanaan, tapi juga terobosan-terobosan dalam mencari solusi atas beragam tantangan dan permasalahan yang dihadapi negara-negara dunia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai operator seluler untuk memfasilitasi dan mendukung kinerja jurnalis dalam melakukan peliputan untuk mendukung menyukseskan World Water Forum ke-10.

“Selama World Water Forum ke-10, Kominfo telah melakukan konsolidasi semua operator seluler yang beroperasi di Indonesia seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, Smartfren hingga Telkomsel. Karena infrastruktur telekomunikasi sangat penting mengingat acara diikuti oleh berbagai negara,” ujar Menkominfo Budi.

Seperti diketahui, World Water Forum sendiri merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut.

Selanjutnya insan media diharapkan turut serta dalam menyampaikan informasi-informasi positif kepada publik, serta turut menyukseskan kelancaran penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali.(Ist/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait