ICMI Orwil Kalteng Gelar Ramadhan Leadership Camp

Palangka Raya , Media Dayak

Ikatan Cendekiawan Musmil se-Indonesia (ICMI) Orwil Kalimantan Tengah akan menggelar Ramadhan Leadership Camp hari ini, Sabtu (1/04/2023) di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut akan menghadirkan tokoh-tokoh nasional, diantaranya Prof. Arif Satria, SP., M. Si selaku Ketua Umum ICMI Pusat dan juga Rektor Institut Pertanian Bogor, Dr.-Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A selaku Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat, dan Dr. Priyo Budi Santoso, M. AP.  selaku Wakil Ketua Umum ICMI Pusat. Selain itu juga menghadirkan Prof. Dr. Normuslim, M. Ag yang merupakan guru besar dari IAIN Palangka Raya.

Setelah pendaftaran dibuka, antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa. Hingga hari ini, sudah ada sekitar 270 peserta yang mengisi pendaftaran dan akan mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua ICMI Orwil Kalteng, Dr. H. Kaspinor, S.E., M.Si menjelaskan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan masukan serta kontribusi nyata bagi para pengambil kebijakan baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dalam mewujudkan cendekiawan muslim di Kalimantan Tengah.

“Lewat kegiatan Ramadhan Leadership Camp semoga kita semua memahami intisari dari nilai-nilai keislaman, kecendikiawanan, dan keindonesiaan. Saya juga mengajak untuk sama-sama kita meneladani sifat Rasulullah antara lain sidiq, fathanah, amanah, dan tabligh,” kata Kaspinor yang juga Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng tersebut.

Ia melanjutkan, ICMI Kalteng juga berperan sebagai jembatan antara institusi keagamaan dan pemerintahan.

‘“Di tengah kompleksitas dan kemajemukan sosial budaya yang begitu beragam ini, keberadaan agama turut berkontribusi bagi penguatan nilai-nilai demokrasi. Kelahiran ICMI sudah menandai bahwa pemerintah dan negara mengakui peran dan pengaruh kaum intelektual Islam di tanah air. Sehingga kita juga akan ikut berperan di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

“Lewat kegiatan ini maka diharapkan bisa menjadi perantara untuk peningkatan kapasitas kepemimpinan dari seluruh elemen umat muslim di Kalimantan Tengah, baik itu mahasiswa, akademisi, pejabat pemerintahan, dan unsur umat muslim yang lain. Sehingga kedepan umat muslim, terutama di Kalimantan Tengah mampu untuk memimpin peradaban dan juga mampu terus beradaptasi dengan kemajuan zaman,” lanjut Kaspinor menjelaskan.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pagi hingga sore tersebut juga mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Dari informasi yang dihimpun, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan turut menghadiri kegiatan tersebut.(Ist/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait