Hari Ketiga “Kalteng Berbagi Berkah” Tahap 2, Sekda Kembali Buka Pasar Murah pada Dua Desa di Kabupaten Murung Raya

Sekda Nuryakin serahkan beras subsidi kepada perwakilan masyarakat yang hadir di Aula Kantor Desa Juking Pajang Kecamatan Murung, Minggu (31/3/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Puruk Cahu, Media Dayak
 
Hari ketiga Kalteng Berbagi Berkah, Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin kembali membuka pasar murah tahap II dan penyaluran bantuan di Kabupaten Murung Raya, bertempat di Aula Kantor Desa Juking Pajang Kecamatan Murung, Minggu (31/3/2024).
 
Rangkaian kegiatan pasar murah Pemprov Kalteng tahap II yang digelar di Kabupaten Murung Raya, sesuai dengan jadwal pada hari ketiga dilaksanakan di 2 (dua) titik lokasi yaitu di Desa Juking Pajang Kecamatan Murung dan Desa Konut Kecamatan Tanah Siang.
 
Sekda Nuryakin pada lokasi pertama membuka pasar murah di Aula Kantor Desa Juking Pajang, menyalurkan bantuan beras subsidi sebanyak 5 ton atau 500 paket beras 10 kg, yang disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat setempat.
 
Dalam sambutan singkatnya Sekda mengatakan bahwa pasar murah tersebut merupakan program Pemprov Kalteng, dalam rangka pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga menjelang Hari Raya Idul Fitri.
 
“Biasanya menjelang hari-hari besar harga sembako pasti meningkat, untuk mengatasi hal itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penyaluran bantuan melalui pasar murah ini,” kata Sekda.
 
Menurut arahan Gubernur Kalteng, total bantuan yang diberikan untuk Kabupaten Murung Raya sebanyak 150 ton beras, pada tahap I sudah disalurkan sebanyak 50 ton dan pada tahap II ini disalurkan kembali 100 ton.
 
“Bantuan yang diberikan kepada seluruh warga masyarakat di Desa Juking Pajang ini sebanyak 500 paket beras subsidi 10 kg per paket,” ucapnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya, bahwa harga beras di pasar murah ini tidak sama dengan harga di pasar, dimana harga beras premium ukuran 10 kg adalah Rp175.000,-, namun karena disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp155.000,- sehingga masyarakat bisa menebus sebesar Rp20.000,-.
 
Selanjutnya, diharapkan dengan adanya kegiatan pasar murah tersebut akan meningkatkan daya beli masyarakat, dapat menekan inflasi yang berlebihan, harga beras di pasaran tetap terjaga stabil, dan masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkannya.
 
“Kami mengharapkan, semoga dengan adanya pasar murah Kalteng Berbagai Berkah ini, betul-betul bisa meringankan beban yang dirasakan masyarakat terutama menjelang hari raya Idul Fitri yang akan datang” ujarnya.
 
Usai kegiatan di lokasi pertama, selajutnya Sekda beserta rombongan membuka pasar murah di Desa Konut Kecamatan Tanah Siang, sekaligus menyalurkan bantuan beras bersubsidi sebanyak 2 ton atau 200 paket beras premium 10 kg dengan kualitas baik, yang disambut oleh perangkat desa dan masyarakat desa setempat dengan antusias.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait