Hampir Tiap Hari Hujan, Kasongan Aman Dari Banjir  

MELAKUKAN – Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Katingan, Wahiman SPd MPd, bersama Satgas Kelurahan, TNI, Polri, saat melakukan pemantauan debit air, Rabu pagi (31/8), di Pelabuhan Lama – Kasongan. (Kas/Media Dayak)

 

Bacaan Lainnya

Kasongan, Media Dayak

Meskipun hampir setiap hari, siang dan malam, hujan turun dan membasahi Kasongan, ibukota Kabupaten Katingan, namun bumi Kasongan masih aman dari banjir.

Kepala bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP dan Damkar Kabupaten Katingan, Wahiman, saat dikonfirmasi di sela-sela dirinya mengecek debit air bersama satgas dari Kelurahan Kasongan Lama, Rabu (31/08), di Pelabuhan Lama Kasongan, kepada sejumlah awak media, membenarkan hal tersebut.

Intinya, menurut Wahiman, debit air saat ini meskipun meningkat setiap hari, namun tidak seberapa atau hanya beberapa centimeter saja, dan pada hari ini naik lagi sekitar 10 centimeter. “Sehingga, masyarakat di Kecamatan Katingan Hilir masih aman dan lancar menjalankan aktivitasnya,”kata Wahiman.

Kendati masih dalam keadaan aman dan lancar, namun mantan Kabid Olahraga di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah-raga (Disbudparpora) Kabupaten Katingan ini menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Katingan Hilir pada khususnya dan masyarakat Katingan pada umumnya, agar selalu  waspada. “Karena, disamping hujan di Katingan secara menyeluruh dari hulu hingga hilir, cuaca saat ini juga tidak menentu,”ingatnya.

Menjawab pertanyaan awak media, dirinya juga membenarkan, khusus untuk satuan tugas (satgas) di Satpol PP, menurutnya, setiap hari melakukan patroli, guna membantu masyarakat untuk melihat kondisi air di sejumlah titik rawan banjir. “Jika ditemui warga yang kebanjiran kami siap membantunya,”tegasnya. 

Selanjutnya, terkait dengan patroli rutin yang dilakukan setiap hari ini menurutnya, bukan sendiri, tapi bersama-sama dengan anggota Satpol PP lainnya. “Bahkan, pada saat pengecekan debit air hari ini, bersama satgas dari Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, TNI dan Polri serta BPBD,” sebutnya. (Kas/Rsn)

 

 

   

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait