Gubernur Hadiri RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 PT Bank Kalteng

Gubernur Sugianto Sabran bersama Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 PT Bank Kalteng, Selasa (28/5/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Bank Pembangunan Daerah Kalteng, bertempat di Ballroom Bahalap Hotel, Selasa (28/5/2024).
 
Gubernur Kalteng memberikan apresiasi atas kinerja PT Bank Kalteng pada tahun 2023, yang mengalami perkembangan cukup signifikan, baik dari Pertumbuhan Aset, Dana Pihak Ketiga, Kredit, maupun Laba Bersih. 
 
Secara umum, perkembangan positif PT Bank Kalteng yang telah dicapai sampai bulan Desember 2023, antara lain total Aset sebesar Rp 15,102 Triliun, naik 13,56 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 13,299 Triliun. 
 
Selain itu, dana Pihak Ketiga sebesar Rp11,748 Triliun, mengalami kenaikan 11,49 persen dari tahun 2022 yang berada di angka Rp 10,537 Triliun, kredit yang diberikan Rp 9,666 Triliun, meningkat 12,28 persen dari tahun lalu yang sebesar Rp 8,609 Triliun, ekuitas atau Permodalan mencapai Rp 2,775 Triliun, mengalami kenaikan 12,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,160 Triliun dan laba sebesar Rp 300,204 Miliar atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang di angka Rp 256,126 Miliar.
 
“Saya mengimbau kepada para komisaris, direksi, dan seluruh jajaran, agar terus solid bekerja sama memajukan Bank Kalteng, sebagai salah satu BUMD kebanggaan Kalteng,” tutur Gubernur.
 
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng sekaligus Pemegang Saham Pengendali, berharap agar jajaran PT Bank Kalteng dapat bekerja lebih keras lagi, dengan memperhatikan hal-hal antara lain mengoptimalkan Pengelolaan Dana Pemda baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan menunjukan fungsi dan peran PT Bank Kalteng sebagai agen pembangunan bagi Pemda.
 
Meningkatkan secara berkesinambungan kualitas SDM dan jaringan layanan baik jumlah kantor maupun pemanfaatan teknologi informasi, meningkatkan produk-produk berbasis digital dan membuka keterisolasian daerah, dengan pengembangan jaringan online untuk mempermudah akses masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan.
 
“Serta turut berperan serta dalam upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas, melalui peningkatan penyaluran Kredit Produktif yang menyasar para pelaku usaha di Kalteng,” terangnya.
 
Disisi lain Sugianto menyebut sehubungan dengan kekosongan posisi Direktur Utama yang sampai saat ini masih belum ditetapkan, hendaknya tugas dan fungsinya dilaksanakan secara optimal oleh Direksi yang ada, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.
 
“Kepada Dewan Komisaris, agar mempersiapkan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk menetapkan Kepengurusan PT Bank Kalteng, sehingga tercipta tata kelola yang baik,” pungkasnya.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait